Perancangan iklan layanan masyarakat tentang perlindungan satwa liar Indonesia / Dzita Firdaus Pratama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan iklan layanan masyarakat tentang perlindungan satwa liar Indonesia / Dzita Firdaus Pratama Putra

Putra, Dzita Firdaus Pratama (2010) Perancangan iklan layanan masyarakat tentang perlindungan satwa liar Indonesia / Dzita Firdaus Pratama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Satwa Liar Kakatua Putih. Indonesia kaya akan satwa liar perdagangan satwa liar merupakan kejahatan nomor dua di dunia setelah perdagangan narkoba. Indonesia dirugikan sekitar 9 triliun pertahun karena kejahatan ini. Sementara itu Kakatua Putih merupakan salah satu satwa endemik Indonesia yang belum juga terlindungi oleh undang-undang sehingga terus diperdagangkan dan populasinya berkurang. Melihat latar belakang tersebut maka perlu dilakukan tindakan untuk melestarikannya seperti memperbanyak media yang mengangkat tentang permasalahan satwa liar Indonesia. Bertujuan membantu masyarakat untuk mengetahui permasalahan satwa liar yang terjadi di Indonesia dan menjadi dorongan untuk pemerintah agar lebih sigap dalam menyelesaikan masalah yang terjadi. Perancangan media kampanye iklan layanan masyarakat tentang satwa liar Indonesia ini menggunakan model perancangan prosedural. Proses perancangan diawali dengan mempelajari latar belakang dan fakta-fakta tentang satwa liar yang ada di Indonesia pada umumnya dan fakta-fakta Kakatua Putih pada khususnya. Tahap berikutnya adalah dilakukan pengumpulan data yang dibutuhkan baik data pustaka maupun data lapangan yang akan dianalisis dan disintesis menjadi sebuah konsep kreatif dan konsep media. Setelah dilakukan analisa data dan pembahasan konsep media maka dihasilkan beberapa target audience dengan strategi media yang berbeda yaitu melakukan sosialisasi tentang manfaat kakatua bagi target audience masyarakat penangkap kakatua putih melakukan penyadaran bagi masyarakat pembeli kakatua putih dan melakukan dorongan kepada pemerintah agar segera melindungi kakatua putih. Media yang telah diaplikasikan sesuai dengan target audience diharap akan menekan angka perdagangan satwa liar pada umumnya dan kakatua putih pada khususnya. Untuk itu perlu dilakukan sebuah evaluasi program kampanye yang telah dilakukan dengan cara mengamati perkembangan dari aktifitas-aktifitas yang merugikan tersebut kemudian melakukan follow up terhadap semua program kampanye yang dilakukan sehingga kampanye yang dilakukan tidak hanya semata-mata dilakukan pada saat itu saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item