Agus Tri Ray Murti Hidayah Shaleh (2008) Pelaksanaan evaluasi hasil belajar bidang studi bahasa Arab di sekolah alam bilingual SDI Surya Buana Malang tahun 2007/2008 / Agus Tri Ray Murti Hidayah Shaleh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Untuk mencapai efektifitas pembelajaran bahasa Arab di kelas guru harus mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa karena pemerolehan bahasa bagi setiap siswa itu berbeda. Untuk mengetahui kesulitan belajar setiap siswa guru dapat menggunakan evaluasi sebagai bahan acuan dalam menentukan tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran yang telah berlangsung dan dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan pada langkah-langkah pembelajaran yang telah diambil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi hasil belajar bidang studi bahasa Arab di Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana tahun ajaran 2007/2008 yang meliputi teknik evaluasi hasil belajar langkah-langkah evaluasi jenis tes bahasa Arab ruang lingkup tes bahasa Arab bentuk penilaian yang digunakan dalam pelaksanaan evaluasi kendala-kendala evaluasi dan validitas isi soal tes yang dibuat oleh guru. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif sehingga peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas 5. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) teknik evaluasi hasil belajar yang digunakan oleh guru dalam mengukur kemampuan siswa adalah teknik tes dan teknik non tes (2) langkah-langkah evaluasi hasil belajar bahasa Arab yang disusun oleh guru yaitu (a) perencanaan tes. Dalam tahap ini guru tidak mengkaji kurikulum bahasa Arab tetapi guru selalu memilih teknik tes yang sesuai dengan apa yang ingin diukur oleh guru dan mempersiapkan alat-alat tes yang sesuai dengan teknik tes yang dipilih (b) penyusunan tes. Dalam tahap ini guru menyusun kisi-kisi soal menata soal berdasarkan distribusi kesukarannya memperhatikan kaidah teknik penulisan yang baik menelaah soal yang telah dibuat dan menganaliasa soal-soal tes.(c) pengumpulan data yang terdiri dari pelaksanaan tes dan pengoreksian serta pemberian skor yang dibedakan atas skor tes objektif dan pemberian skor tes esai (d) laporan hasil evaluasi diberikan kepada siswa dan pihak sekolah (3) jenis-jenis tes bahasa Arab yang digunakan oleh guru ada dua jenis yaitu (a) jenis tes berdasarkan kriteria cara mengerjakan tes dan (b) jenis tes berdasarkan kriteria bentuk jawaban tes (4) aspek tes bahasa Arab yang dievalusi oleh guru adalah (a) tes komponen bahasa yang meliputi qawa id dan mufradat dan (b) tes keterampilan bahasa yang meliputi kalam qira ah dan kitabah sedangkan tes istima guru tidak pernah ii menyelenggarakannya (5) bentuk penilaian bahasa Arab yang digunakan oleh guru dalam mengubah skor mentah menjadi skor standar adalah PAP sedangkan jenis skala yang digunakan oleh guru dalam mengubah skor mentah menjadi skor standar adalah skala seratus dan skala lima (6) kendala kendala yang dihadapi oleh guru selama proses evaluasi berlangsung adalah hasil evaluasi yang diperoleh masih belum mampu dijadikan sebagai tolak ukur dalam memperbaiki metode pembelajaran yang sudah berlangsung dan (7) persentase penyimpangan (kesejajaran) materi pelajaran dalam tes bahasa Arab yang dibuat oleh guru kelas 5 semester I Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana tahun ajaran 2007/2008 terhadap KBK bahasa Arab kelas 5 semester I untuk MI tahun 2004 yang meliputi enam aspek yaitu (a) aspek kosa kata yaitu sebesar 110 % dan diinterpretasikan bahwa tes ini memiliki validitas isi yang cukup (b) aspek struktur yaitu sebesar 230 % dan diinterpretasikan bahwa tes ini tidak memiliki validitas isi (c) aspek berbicara yaitu sebesar 80 % dan diinterpretasikan bahwa tes ini memiliki validitas isi yang cukup (d) aspek membaca yaitu sebesar 70 % dan diinterpretasikan bahwa tes ini tidak memiliki validitas isi (e) aspek menyimak karena soal tes tersebut tergolong tes tertulis sehingga tes tersebut tidak dapat digunakan untuk mengukur validitas isi keterampilan menyimak bagi siswa dan (f) aspek menulis yaitu sebesar 10 % dan diinterprstasikan bahwa tes ini tidak memiliki validitas isi. Dari hasil penelitian yang telah dijaring oleh peneliti disarankan agar guru bahasa dan pihak sekolah lebih memaksimalkan proses evaluasi hasil belajar bahasa Arab siswa agar proses evaluasi tersebut tidak hanya dijadikan sebagai ajang pencarian nilai saja bagi siswa tetapi juga dijadikan sebagai proses perbaikan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Mar 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |