Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat menjaga dan melindungi budaya kerja (studi pada siswa kelas 3 Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang) / Khoirun - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat menjaga dan melindungi budaya kerja (studi pada siswa kelas 3 Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang) / Khoirun

Khoirun Nisa (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat menjaga dan melindungi budaya kerja (studi pada siswa kelas 3 Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang) / Khoirun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada hakekatnya proses pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan oleh guru untuk dapat membelajarkan anak didiknya dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran kooperatif model Group Invastigation (GI) merupakan metode yang melibatkan siswa sejak perencanaan baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Pembelajaran ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa membuat para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran pada mata diklat Menjaga dan Melindungi Budaya Kerja masih cenderung menerapkan pembelajaran yang kurang bervariatif. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah (metode konvensional) dalam melaksanakan pembelajaran. Siswa hanya sebagai penerima informasi dari guru yang menyebabkan siswa menjadi pasif dan bosan serta membuat daya berfikirnya kurang berkembang. Upaya untuk membentuk pengetahuan siswa secara aktif maka diperlukan variasi dan kreatifitas dalam metode pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan pem-belajaran kooperatif model Group Investigation yang membuat para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Penelitian dilakukan untuk menguji keefektifan pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata diklat Menjaga dan Melindungi Budaya Kerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata diklat Menjaga dan Melindungi Budaya Kerja 2) untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata diklat Menjaga dan Melindungi Budaya Kerja 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata diklat Menjaga dan Melindungi Budaya Kerja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi serta analisis dan refleksi. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dan pemberi tindakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) observasi 2) wawancara 3) angket 4) catatan lapangan dan 5) dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 program keahlian Administrasi Perkantoran (AP) di SMK Ardjuna 01 Malang yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data paparan data penyimpulan hasil analisis data. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata diklat Menjaga dan Melindungi Budaya Kerja pada siswa kelas 3 SMK Ardjuna 01 Malang secara umum telah dilaksanakan dengan baik. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang setiap pertemuannya 2 x 45 menit. 2) respon siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation sangat positif siswa merasa senang dengan pembelajaran ini karena menuntut siswa untuk aktif sehingga kegiatan pembelajaran tidak membosankan. Dengan pembelajaran seperti ini dapat menimbulkan rasa saling membutuhkan saling menyayangi dan saling tenggang rasa diantara sesamanya dan 3) hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yaitu nilai rata-rata pre test pada siklus I sebesar 52 5 sedangkan nilai rata-rata post test siklus I sebesar 72 06 hal ini mengalami kenaikan sebesar 19 56 (53 13%). Demikian pula pada siklus II nilai rata-rata pre test sebesar 66 sedangkan nilai rata-rata post test siklus II sebesar 79 03 hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil post test siklus II mengalami peningkatan sebesar 13 03 (15 63%) dari pre test siklus II. Peningkatan juga terjadi pada keterampilan kooperatif siswa yaitu rata-rata keterampilan kooperatif pada siklus I sebesar 72 79% sedangkan pada siklus II rata-rata keterampilan kooperatif yaitu sebesar 85 78%. Artinya terjadi peningkatan sebesar 12 99% dari siklus I ke siklus II. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan dan aktivitas siswa dalam belajar serta meningkatkan hasil belajar mata diklat Menjaga dan Melindungi Budaya Kerja. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) Bagi SMK Ardjuna 01 Malang perlu menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarana untuk mendukung efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation terutama pengadaan buku literatur yang menunjang pembelajaran. 2) Bagi guru pembelajaran kooperatif model Group Investigation dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas. Dalam meningkatkan keaktifan siswa dapat dilakukan dengan memberikan hadiah atau memberi tambahan nilai bagi siswa yang aktif dalam presentasi diskusi. 3) Bagi siswa pada saat pembelajaran kooperatif model Group Investigation diterapkan perlu memahami aturan mainnya agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140296

Actions (login required)

View Item View Item