Studi tentang kesehatan lingkungan fisik di pondok pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto / Ryiza Fanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kesehatan lingkungan fisik di pondok pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto / Ryiza Fanani

Ryiza Fanani (2009) Studi tentang kesehatan lingkungan fisik di pondok pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto / Ryiza Fanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di lingkungan pondok pesantren AL-GHOZALIE sudah melaksanakan program kesehatan lingkungan dengan melibatkan pengurus dan santri putra dan putri. Akan tetapi program ini belum juga terlaksana dengan baik karena kondisi bangunan pondok pesantren yang masih dalam masa renovasi sehingga kesehatan lingkungan fisik pondok pesantren belum terlaksana secara maksimal. Sehubungan dengan hal tersebut di atas peneliti ingin melakukan penelitian melalui program Studi tentang Kesehatan Lingkungan Fisik di Pondok Pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto . Tujuan penelitian ini adalah unutuk mengetahui pelaksanaan kesehatan lingkungan fisik Pondok Pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto menurut pengurus pondok pesantren dan mengetahui pelaksanaan kesehatan lingkungan fisik Pondok Pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto menurut santri Pondok Pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto. Metode dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap pelaksanaan tahap pelaksanaan ini meliputi (1) ijin kepada kepala pengurus yayasan pondok (2) melaksanakan observasi (3)menyebarkan angket (4) menjelaskan maksud dan tujuan peneliti serta cara pengisian angket (5) mengumpulkan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesehatan lingkungan fisik di Pondok Pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto menurut 2 kelompok responden yang terdiri dari 14 pengurus dan 37 santri termasuk dalam kategori baik sesuai dengan hasil persentase yang diperoleh yaitu sebesar 78 6% menurut pengurus pondok pesantren dan cukup baik dengan persentase sebesar 62 56% menurut santri pondok pesantren. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan kesehatan lingkungan fisik di Pondok Pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto menurut pengurus pondok pesantren termasuk kategori baik sedangkan pelaksanaan kesehatan lingkungan fisik menurut santri Pondok pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan diketahuinya hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan kepada pengurus pondok pesantren Al-Ghozalie Pungging Mojokerto untuk lebih meningkatkan pelaksanaan kesehatan lingkungan fisik di pondok agar menjadi lebih bersih dan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140269

Actions (login required)

View Item View Item