Perancangan sign system sebagai media komunikasi visual Taman Rekreasi Selecta / Nur Vicky Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan sign system sebagai media komunikasi visual Taman Rekreasi Selecta / Nur Vicky Wahyudi

Wahyudi, Nur Vicky (2010) Perancangan sign system sebagai media komunikasi visual Taman Rekreasi Selecta / Nur Vicky Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Sign System Taman Rekreasi Selecta. Taman Rekreasi Selecta terletak di Desa Tulungrejo Kota Batu Jawa Timur dengan dikelilingi oleh Gunung Arjuno Welirang dan Anjasmoro. Taman Rekreasi Selecta merupakan obyek wisata yang menawarkan konsep tatanan wisata keindahan alamnya dan kesejukan pegunungan serta bangunan sejarahnya. Perancangan sign system Taman Rekreasi Selecta ini dilakukan dengan latar belakang kebutuhan sign system. Kini cukup penting keberadaannya dan tidak hanya digunakan untuk lalu lintas dan tanda bangunan tetapi juga berkembang menjadi tanda di tempat-tempat umum seperti tempat wisata. Oleh karena itulah sebuah sign system perlu dirancang sebaik mungkin sehingga menjadi sign system yang efektif dalam menyampaikan pesan atau informasi namun tetap memiliki tingkat estetika yang tinggi sehingga dapat menarik perhatian serta harus memiliki kesinambungan antar signage yang ada namun keseragaman yang diciptakan tidak menimbulkan kejenuhan. Tujuannya untuk mempermudah pengunjung dalam menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Taman Rekreasi Selecta dan juga melakukan promosi untuk menarik para wisatawan baik lokal maupun internasional. Metode perancangan yand digunakan adalah model prosedural dengan menetapkan langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa rancangan media dan disertai deskripsi konseptual meliputi (1) latar belakang masalah (2) pengunpulan data (3) analisis data (4) konsep kreatif desain (5) visualisasi desain (6) hasil desain. Perancangan ini menghasilkan beberapa media komunikasi visual yaitu sign system landmark guide sign extrance sign identity sign roof sign symbol sign dan advertising sign. Dalam pembuatan sign system ini diharapkan pengunjung Taman Rekreasi Selecta dapat mengetahui keberadaan tempat dan sekiranya menjadi tempat yang akan dituju oleh karena itu sarana yang ada perlu adanya papan petunjuk yang biasa digunakan sebagai sarana pemberitahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14026

Actions (login required)

View Item View Item