Pembelajaran remidial tehnik dasar servis atas bola voli siswa putra kelas XI IPA SMA Laboratorium UM Malang / Dhydiet Setya Budhy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran remidial tehnik dasar servis atas bola voli siswa putra kelas XI IPA SMA Laboratorium UM Malang / Dhydiet Setya Budhy

Dhydiet Setya Budhy (2009) Pembelajaran remidial tehnik dasar servis atas bola voli siswa putra kelas XI IPA SMA Laboratorium UM Malang / Dhydiet Setya Budhy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Tentang pembelajaran remidial yang nantinya berpengaruh pada peningkatan penguasaan siswa dalam materi pelajaran teknik dasar servis atas bolavoli. Pembelajaran itu sendiri merupakan proses dari interaksi antara siswa dan guru untuk saling bertukar pengalaman fikiran dan pemahaman (persepsi) yang berbeda-beda dari masing-masing individu yang nantinya menjadikan proses timbal balik antara guru dan siswa. Pembelajaran remidial merupakan tidakan yang dilakukan oleh guru dengan melaksanakan rencana pembelajaran yang telah dibuat bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang telah dilakukan sebelumnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode obserevasi pembelajaran remidial terhadap kemampuan siswa dalam melakukan ketrampilan teknik dasar servis atas bolavoli Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar ketrampilan teknik dasar servis atas bolavoli dengan menggunakan metode pembelajaran yang telah dimoduvikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan satu (1) siklus dua (2) kali pertemuan. Peneliti melakukan observasi terhadap subyek sebelum dilakukannya penelitian. Subyek diberikan pembelajaran remidial oleh guru dengan menggunakan rencana pembelajaran (RP) yang telah dibuat sesuai dengan kendala yang dialami pada pembelajaran terdahulu lalu dilakukan evaluasi pembelajaran pada ahir siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa putra kelas XI IPA SMA LABORATORIUM UM Malang yang berjumlah 24 siswa. Subyek diberikan pelajaran remidial ketrampilan teknik dasar servis atas bolavoli. Hasil penelitian ini siswa mampu meningkatkan ketrampilan melakukan teknik dasar servis atas bolavoli setelah mendapatkan proses pembelajaran remidial dapat dilihat dari perpindahan kelompok siswa dari skala 1 (kurang) ke skala 2 (sedang) dari skala 2 (sedang) ke skala 3 (baik). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan rencana pengajaran (RP) remidial yang bertujuan untuk memberikan bantuan pada siswa yang mengalami kesulitan belajar teknik dasar servis atas bolavoli. Setelah proses pembelajaran remidial selesai dilaksanakan 1 (satu) siklus dengan 2 (dua) kali pertemuan siswa putra kelas XI IPA SMA LABORATURIUN UM Malang sudah tidak terlihat lagi yang mengalami kesulitan melakukan ketrampilan teknik dasar servis atas bolavoli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140257

Actions (login required)

View Item View Item