Pengembangan jenis permainan di air sebagai awal pembelajaran renang bagi pemula untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Pamekasan / Hamdan Ibnu Imran - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan jenis permainan di air sebagai awal pembelajaran renang bagi pemula untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Pamekasan / Hamdan Ibnu Imran

Hamdan Ibnu Imran (2009) Pengembangan jenis permainan di air sebagai awal pembelajaran renang bagi pemula untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Pamekasan / Hamdan Ibnu Imran. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Renang adalah olahraga yang dilakukan di air dengan menggerakkan anggota badan dengan mengapung di air dan seluruh anggota badan bergerak bebas. Untuk dapat melakukan olahraga terdapat beberapa unsur antara lain (1) unsur kesenangan (2) unsur keberanian (3) unsur percaya diri dan (4) unsur keuletan. Berdasarkan hasil observasi wawancara dan analisis kebutuhan diketahui bahwa siswa merasa tegang saat pelajaran renang di dalam kolam sehingga siswa tidak bersungguh-sunguh saat melakukan gerakan yang dicontohkan oleh guru karena takut dan malas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan jenis permainan di air sebagai awal pembelajaran renang bagi pemula untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Pamekasan. Sehingga dengan permainan yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan keaktifan dan keberanian siswa dalam mengikuti pelajaran renang. Jenis pengembangan dalam penelitian ini menggunakan teknik research and development dari Borg dan Gall namun dari 10 langkah yang ada hanya 8 langkah saja yang digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa jenis permaina di air) (3) evaluasi ahli yaitu dua ahli renang satu ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan uji coba (kelompok kecil) (4) revisi produk pertama (sesuai dari hasil evaluasi para ahli dan uji coba) (5) uji coba (kelompok kecil) dengan mengujicobakan hasil revisi produk awal (6) uji lapangan dengan 30 subjek yang diteliti (7) revisi produk akhir (sesuai dari hasil uji lapangan) (8) hasil akhir produk pengembangan jenis permainan di air sebagai awal pembelajaran renang bagi pemula untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk para ahli dan siswa. Dengan kualifikasi dua ahli renang dan satu ahli pembelajaran pendidikan jasmani sedangkan untuk siswa dilakukan uji coba (kelompok kecil) sebanyak 10 siswa dan uji lapangan (kelompok besar) sebanyak 30 siswa. Hasil penilaian atau evaluasi jenis permainan di air ini yaitu sebagai berikut dari dua ahli renang yaitu 100% (sangat baik) dan ahli pembelajaran pendidikan jasmani yaitu 100% (sangat baik) dari uji coba (kelompok kecil) hasil kuesioner yaitu 95 83% (sangat baik) dan dari uji lapangan (kelompok besar) hasil kuesioner yaitu 87% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disarankan agar penggunaan produk ini hendaknya dilaksanakan seperti apa yang sudah direncanakan kemudian dilakukan evaluasi terhadap tingkat kesesuaian jenis permainan di air ini dengan konsep teknik dasar renang yang ada. Jika tidak terdapat permasalahan dalam jenis permainan ini dapat dilanjutkan dan jika terdapat permasalahan maka dapat dilakukan penyesuaian. Kemudian dapat dilakukan evaluasi kerja yang berulang-ulang untuk memperoleh kesesuaian jenis permainan di air dengan kondisi dan situasi di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140234

Actions (login required)

View Item View Item