Perancang komik sejarah gua Selomangleng sebagai media promosi wisata kota Kediri / Risnantyo Febriandaru - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancang komik sejarah gua Selomangleng sebagai media promosi wisata kota Kediri / Risnantyo Febriandaru

Febriandaru, Risnantyo (2010) Perancang komik sejarah gua Selomangleng sebagai media promosi wisata kota Kediri / Risnantyo Febriandaru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perancangan Komik Sejarah Gua Selomangleng Promosi. Dewasa ini makin kecil rasanya kepedulian masyarakat Kediri dan sekitarnya mengenai obyek wisata Gua Selomangleng. Oleh karena itulah diperlukan perancangan sebuah media komunikasi visual yang bisa menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi oleh obyek wisata yang bersangkutan. Media komunikasi visual yang dimaksud adalah komik. Komik dirasa mampu difungsikan sebagai media promosi yang baik dikarenakan komik yang bersifat tekstual dirasa memiliki kekuatan lebih dalam hal memberikan pemahaman kepada target audience. Komik yang dirancang menggunakan gaya gambar manga yang tengah digemari oleh remaja belakangan ini serta menampikan komik yang full colour sehingga diharapkan nantinya komik ini dapat menarik atensi dari target audience. Selain itu komik yang dirancang bercerita mengenai sejarah Gua Selomangleng yang masih berkaitan dengan sejarah Kerajaan Kahuripan. Sehingga nantinya selain mendapatkan informasi mengenai obyek wisata Gua Selomangleng target audience juga akan mendapatkan pemahaman singkat mengenai sejarah Kerajaan Kahuripan. Perancangan ini ditujukan untuk menghasilkan sebuah media komunikasi visual yang memiliki beberapa fungsi yaitu berfungsi untuk mempromosikan obyek wisata yang bersangkutan dan juga bisa dijadikan media komunikasi visual edukatif yang memberikan informasi dan juga pengetahuan mengenai sejarah Gua Selomangleng dan juga kisah kerajaan Kahuripan pada target audience. Kesimpulan yang bisa diambil dalam perancangan media ini adalah media komunikasi visual berupa komik ini memiliki potensi yang besar dan diharapkan mampu mengajak dan juga membujuk target audience serta memberikan pengetahuan dan juga informasi jika difungsikan sebagai media promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item View Item