Penerapan model pembelajaran tematik-tema teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas III SDN Tangjungrejo 4 Malang / Luluk Faridatuz Z. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran tematik-tema teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas III SDN Tangjungrejo 4 Malang / Luluk Faridatuz Z.

Luluk Faridatuz Z. (2009) Penerapan model pembelajaran tematik-tema teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas III SDN Tangjungrejo 4 Malang / Luluk Faridatuz Z. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tematik-tema teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas 3 SDN Tanjungrejo 4 Malang (2) mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran tematik dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 3 SDN Tanjungrejo 4 Malang (3) mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran tematik dalam meningkatkan aktivitas siswa kelas 3 SDN Tanjungrejo 4 Malang (4) mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran tematik dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas 3 SDN Tanjungrejo 4 Malang (5) mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran tematik dalam meningkatkan rasa senang siswa kelas 3 SDN Tanjungrejo 4 Malang (6) mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran tematik dalam meningkatkan life skill (kecakapan hidup) siswa kelas 3 SDN Tanjungrejo 4 Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan selama dua hari. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Tanjungrejo 4 Malang yang berjumlah 39 anak. Instrumen yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan wawancara. Sedangkan evaluasi yang digunakan terfokus pada hasil dan proses dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik-tema teknologi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas 3 SDN Tanjungrejo 4 Malang. Hal ini dilihat dari perolehan skor tes formatif yang meningkat tajam dari rata-rata sebelumnya (pre tes) 54 36 dengan ketuntasan belajar sebesar 18% menjadi 72 18 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78 08 pada siklus II. Pada siklus II sudah dicapai ketuntasan belajar di atas 75% sehingga siklus dihentikan. Dampak penerapan metode pembelajaran tematik ini dapat meningkatkan keaktivan kreativitas rasa senang dan kecakapan hidup (life skill) siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140211

Actions (login required)

View Item View Item