Penggunaan kalimat tidak efektif dalam rubrik "Opini" surat kabar Jawa Pos / Evi Dian Ulan Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan kalimat tidak efektif dalam rubrik "Opini" surat kabar Jawa Pos / Evi Dian Ulan Sari

Evi Dian Ulan Sari (2009) Penggunaan kalimat tidak efektif dalam rubrik "Opini" surat kabar Jawa Pos / Evi Dian Ulan Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Opini merupakan salah satu rubrik surat kabar Jawa Pos yang memuat tulisan tentang pendapat seseorang terhadap suatu peristiwa saat itu. Dalam penulisan Opini penulis dibatasi oleh waktu dan mengharuskan untuk bekerja cepat sehingga kemungkinan untuk berbuat kesalahan cukup besar. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh gambaran penggunaan kalimat tidak efektif dalam rubrik Opini surat kabar Jawa Pos khususnya tentang penggunaan (1) kalimat tidak logis (2) kalimat tidak hemat (3) kalimat tidak padu (4) kalimat rancu (5) kalimat tidak memiliki kesatuan gagasan dan (6) kalimat tidak paralel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan suatu kondisi apa adanya. Sumber data penelitian ini adalah rubrik Opini surat kabar Jawa Pos (16-30 Juli 2007) sedangkan data penelitian diklasifikasikan berdasarkan penggunaan (1) kalimat tidak logis (2) kalimat tidak hemat (3) kalimat tidak padu (4) kalimat rancu (5) kalimat tidak memiliki kesatuan gagasan dan (6) kalimat tidak paralel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) membaca rubrik Opini yang diteliti berulang-ulang dan (2) memberi nomer pada setiap kalimat yang tidak efektif. Adapun analisis data yang digunakan adalah (1) membaca dengan seksama seluruh sumber data (2) mengidentifikasi dan mengklasifikasikan seluruh data sesuai dengan pokok masalah dan (3) menjelaskan ketidakefektifan kalimat yang teridentifikasi dan menuliskan kalimat efektifnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rubrik Opini surat kabar Jawa Pos terdapat penggunaan kalimat tidak efektif yaitu (1) kalimat tidak logis tentang hubungan subjek dengan predikat tidak jelas dan ketidaksesuian keterangan yang digunakan (2) kalimat tidak hemat tentang pengulangan kata yang telah disebutkan penggunaan dua kata yang searti pengulangan sebjek dan penggunaan kata yang tidak perlu (3) kalimat tidak padu tentang ketidaksesuaian kata yang digunakan dalam kalimat (4) kalimat rancu tentang kesalahan dengan penggabungan dua kata yang menyatakan hubungan kohesif (5) kalimat tidak memiliki kesatuan gagasan tentang ketidakjelasan subjek dan pikiran dalam satu kalimat dan (6) kalimat tidak paralel tentang kesalahan keparalelan bentuk predikat. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat ditujukan oleh penulis kepada pengajar bahasa Indonesia agar pengajaran penulisan tentang kalimat efektif lebih ditingkatkan. Selain itu data ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Peneliti selanjutnya yang berminat untuk melakukan penelitian tentang kebahasaan disarankan dapat menindaklanjuti dengan mengambil masalah yang berbeda (kesalahan penalaran atau kesalahan ejaan dan tanda baca) yang dapat dilakukan dengan mengambil sumber data yang lain. Saran ini juga diajukan kepada penulis Opini agar lebih banyak membaca referensi-referensi tentang kalimat efektif supaya tidak terjadi kesalahan dalam penulisan kalimat. Di samping itu dalam penulisan kalimat harus tepat pilahan kata yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140168

Actions (login required)

View Item View Item