Evaluasi angkutan umum di Kota Malang (studi kasus jalur Gadang-Landungsari) / Rosich Anggara - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi angkutan umum di Kota Malang (studi kasus jalur Gadang-Landungsari) / Rosich Anggara

Anggara, Rosich (2009) Evaluasi angkutan umum di Kota Malang (studi kasus jalur Gadang-Landungsari) / Rosich Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan angkutan umum sangat diperlukan di wilayah perkotaan. Salah satu jenis angkutan umum di wilayah kota Malang adalah angkutan umum. Angkutan umum sangat memudahkan penumpang untuk berpindah tempat untuk melakukan aktifitasnya sehari hari. Diantara trayek angkutan umum penumpang di kota Malang adalah jalur GL (Gadang Landungsari). Jalur GL melayani penumpang dari terminal Gadang ke terminal Landungsari maupun sebaliknya dengan panjang rute 15.6 km dan jumlah armada 112 unit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja angkutan umum jalur GL. Pengambilan data yang digunakan untuk penelitian ini diantaranya (1) survei on Board yaitu untuk mendapatkan naik turunnya penumpang jumlah penumpang dan hambatan perjalanan (2) survei off Board untuk mendapatkan jumlah penumpang (3) lay over time untuk mendapatkan waktu henti angkutan di terminal (4) survei quisioner tentang biaya naik angkutan umum dan (5) survei jarak shelter terhadap calon penumpang. Penelitian dilakukan mulai pukul 06.00-18.00. Selain data riel dilapangan yang digunakan dalam penelitian ini ada juga data pendukung yang diperlukan diantaranya (1) panjang rute (2) jumlah angkutan dan (3) rute angkutan umum. Hasil penelitian ini diperoleh (1) waktu sirkulasi angkutan umum jalur GL untuk perjalanan dari terminal Gadang ke terminal Landungsari kembali lagi ke Gadang sebesar 102.29 menit (2) headway rata rata dari terminal Landungsari ke terminal Gadang 02.23 menit dan dari terminal Gadang ke Landungsari 02.36 menit (3) jumlah rata-rata penumpang per kendaraan dari Landungsari ke Gadang selama pengamatan dilapangan sebesar 10 orang/kendaraan dan dari Gadang ke Landungsari sebesar 11 orang/kendaraan (4) waktu tunggu rata-rata dari terminal Landungsari ke terminal Gadang 01.11 menit dan dari terminal Gadang ke Landungsari 01.18 menit (5) waktu henti rata-rata di terminal Landungsari 05.56 menit dan di terminal Gadang 03.23 menit (6) dari hasil quisioner dilapangan didapatkan biaya perjalanan yang diinginkan adalah sebesar Rp 2.000 dan (7) wawancara pengguna shelter di rute angkutan umum jalur GL diperoleh jarak antara pejalan kaki dari awal menuju ke shelter adalah sejauh 400 m. Sedangkan untuk shelter 2 adalah sejauh 300 m dan untuk shelter 3 adalah sejauh 300 m. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja angkutan umum jalur GL masih perlu perbaikan terutama dari sisi jumlah shelter headway waktu tunggu dan waktu henti di terminal. Saran tentang penelitian angkutan umum jalur GL adalah perlu panataan jadwal keberangkatan angkutan umum sehingga nantinya tidak berimbas pada waktu tunggu penumpang. Jumlah shelter perlu ditambah pada setiap ruas jalan pada rute jalur GL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140118

Actions (login required)

View Item View Item