Pengembangan permainan sepaktakraw mini untuk siswa SD Negeri Kemiri 1 dan 2 Jabung Malang / Dian Bagus Mahardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sepaktakraw mini untuk siswa SD Negeri Kemiri 1 dan 2 Jabung Malang / Dian Bagus Mahardika

Mahardika, Dian Bagus (2009) Pengembangan permainan sepaktakraw mini untuk siswa SD Negeri Kemiri 1 dan 2 Jabung Malang / Dian Bagus Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tugas gerak yang menjadi substansi dalam pendidikan jasmani pada umumnya berupa permainan dan cabang olahraga yang memerlukan alat dan perlengkapan bahkan sebagai sebuah permainan yang sering dimainkan di sekolah maka tidak jarang tugas gerak itu sulit dilakukan oleh siswa. Jadi penyesuaian dengan kemampuan anak menjadi penting dengan catatan bahwa aspek fisik (tinggi badan atau ukuran anggota badan) dan kemampuan siswa merupakan rujukan untuk memodifikasi permainan sepaktakraw. Bukan berarti cabang olahraga sepaktakraw yang sudah ada kurang baik atau kurang sesuai bagi anak SD tetapi dengan permainan yang lebih disederhanakan siswa dapat belajar lebih maksimal dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Jadi akibat dari hal itu maka timbul pengembangan atau modifikasi dari cabang olahraga sepaktakraw yang sudah ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bentuk permainan sepaktakraw yang sesuai dengan kondisi tubuh/ukuran tubuh siswa SD Negeri Kemiri 1 dan 2 Jabung Malang. Bentuk permainan dari pengembangan ini adalah merupakan bentuk permainan yang lebih menyenangkan dan merupakan sarana olahraga yang sesuai bagi siswa SD. Prosedur pengembangan permainan sepaktakraw mini ini melalui tahap-tahap sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) membuat produk awal (3) evaluasi produk awal oleh ahli sepaktakraw ahli pembelajaran serta guru Pendidikan Jasmani (4) revisi produk awal (5) uji coba kelompok kecil dan revisi produk pertama (6) uji coba lapangan (7) revisi produk akhir (8) produk akhir dari pengembangan permainan sepaktakraw mini. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri Kemiri 2 Jabung Malang. Subjek uji coba terdiri dari (1) Evaluasi ahli terdiri dari 2 ahli sepaktakraw 1 ahli pembelajaran dan 2 guru Pendidikan Jamani SD (2) uji coba kelompok kecil menggunakan 12 siswa SD dan (3) uji coba lapangan yang terdiri dari 24 siswa dari SD Negeri Kemiri 1 dan 2. Berdasarkan analisis dari uji coba lapangan hasilnya adalah 87 44% dari kriteria ditentukan dan dapat dikatakan permainan sepaktakraw mini ini memenuhi kriteria digunakan (80%-100%) maka dari pengembangan dan prosedur yang dilakukan di atas diperoleh kesimpulan bahwa permainan sepaktakraw mini yang diuji cobakan pada siswa SD Negeri Kemiri 1 dan 2 dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih luas atau besar. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat bermanfaat bagi pengguna produk peneliti sendiri dan peneliti lain untuk dikembangkan kearah yang lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140107

Actions (login required)

View Item View Item