Perancangan buku cerita bergambar global warming untuk anak sekolah dasar kelas 4, 5, 6 / Defi Allih

Allih, Defi (2010) Perancangan buku cerita bergambar global warming untuk anak sekolah dasar kelas 4, 5, 6 / Defi Allih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Allih, Defi. 2010. Perancangan Buku Cerita Bergambar Global Warming untuk anak Sekolah Dasar kelas 4, 5, 6. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Imam Muhadjir (II) Mohamad Sigit, S.Sn Kata Kunci: Perancangan, Buku Cerita Bergambar, Global Warming Beberapa tahun ini perkembangan buku cerita bergambar untuk anak sangat pesat dengan berbagai jenis dan bentuknya. Buku cerita bergambar menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi anak-anak. Namun tidak banyak buku cerita bergambar yang mengangkat tema mengenai lingkungan, padahal hal ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran terhadap kelestarian lingkungan dan meningkatkan minat baca anak. Global Warming adalah issue yang sedang ramai dibicarakan dan menjadi pengaruh yang cukup besar bagi dunia. Kesadaran untuk menjaga kekayaan alam dan upaya-upaya mengurangi dampak Global Warming harus diketahui oleh banyak pihak khususnya anak-anak karena anak adalah asset keberhasilan bangsa. Anak-anak sebaiknya diberi pengetahuan mengenai hal tersebut agar kepedulian terhadap lingkungan tetap terjaga dan menumbuhkan kecintaan terhadap bumi. Dilatarbelakangi oleh hal tersebut diatas, maka penulis ingin mengangkat tema Global Warming dalam bentuk buku cerita bergambar untuk anak Sekolah Dasar yang bersifat sebagai media hiburan dan pengetahuan serta untuk menumbuhkan minat baca anak dan kepedulian terhadap lingkungan. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan media buku cerita bergambar yang memberikan informasi mengenai fenomena Global Warming serta mampu menarik minat baca anak dan menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Perancangan ini menggunakan model perancangan procedural yang menggariskan langkah-langkah untuk menghasilkan produk, diawali dengan latar belakang, pengidentifikasian tujuan, dilanjutkan dengan pengumpulan data, perancangan konsep hingga pembuatan karya final. Data-data yang menjadi acuan adalah data yang bersumber dari hasil survey dan berbagai macam buku literatur. Perancangan ini memiliki keterbatasan sehingga saran penulis adalah dalam perancangan buku cerita bergambar untuk anak perlu memperhatikan bahasa visual dan tekstual yang menarik agar mampu mempengaruhi anak terhadap perubahan perilaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item View Item