Perancangan paket media pembelajaran interaktif untuk memudahkan pembelajaran bahasa Inggris di kelas 3 sekolah dasar / Mahendra Purna - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan paket media pembelajaran interaktif untuk memudahkan pembelajaran bahasa Inggris di kelas 3 sekolah dasar / Mahendra Purna

Purna, Mahendra (2010) Perancangan paket media pembelajaran interaktif untuk memudahkan pembelajaran bahasa Inggris di kelas 3 sekolah dasar / Mahendra Purna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purna Mahendra. 2010. Perancangan Paket Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Memudahkan Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas 3 Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Andi Pramono S .Kom M.T. Kata Kunci Perancangan Media pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Urgensi buku atau media pembelajaran bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar saat ini semakin terasa dengan mulai diperkenankannya bahasa Inggris pada jenjang pendidikan dasar. Ini berguna agar siswa memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari bahasa Inggris di jenjang selanjutnya. Kurikulum yang disusun pemerintah sebagai suatu aturan dalam kegiatan pembelajaran masih berupa muatan lokal (mulok). Kurikulum yang digunakan masih merujuk pada kurikulum Kanwil setiap daerah yang dalam hal ini daerah mempunyai karakteristik tersendiri. Banyaknya materi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris yang meliputi beberapa gambar bunyi pelafalan dan kosakata maka diperlukan sebuah media yang dapat memudahkan dan menunjang siswa dalam kegiatan pembelajaran. Media yang diperlukan dalam hal ini adalah media pembelajaran interaktif bahasa Inggris yang mampu memberikan kemudahan sekaligus dapat meningkatkan pembelajaran menurut kurikulum berbasis kompetensi. Hal ini bertujuan untuk mengajak siswa belajar aktif dan berpikir kritis serta sistematis yang dapat menstimulus kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan pendapat dan perasaan mereka. Perancangan ini menggunakan model prosedural dan terdeskripsi langkah-langkah kerjanya. Dalam model perancangan prosedural langkah-langkah perancangan dilakukan secara sistematik dan terstruktur berurutan dari awal sampai dengan akhir. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data yang bersumber dari observasi dan dokumentasi serta wawancara secara langsung kepada pihak sekolah SDN Wonokusumo IX/ 595 Surabaya sebagai tempat pengambilan data lapangan. Produk ini berupa paket media pembelajaran interaktif dengan konsep bermain dan belajar diluar rumah yakni memberikan suasana bermain yang menyenangkan namun tetap dalam konteks belajar. Judul tema media pembelajaran interaktif ini adalah have fun learn English 3 yang memberikan kesan senang belajar bahasa Inggris tidak kaku dan menyenangkan ditingkatan kelas 3 Sekolah Dasar. Paket media pembelajaran interaktif ini terdiri dari CD pembelajaran buku panduan dan smart PVC (kartu pintar). Perancangan masing-masing media pembelajaran ini saling berkaitan dan menyangkut materi yang sama yaitu materi bahasa Inggris kelas 3 semester I Sekolah dasar. Media pembelajaran interaktif ini dapat digunakan untuk belajar secara mandiri atau individual. Tema-tema isi paket media pembelajaran interaktif ini didesain secara tematis sesuai indikator dan materi yang ada dalam silabus dan RPP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14008

Actions (login required)

View Item View Item