Pandangan ulama terhadap mata pelajaran seni tari di SMP / Mts (Studi Kasus pada Ulama Pesantren Ilmu Al-Quran Singosari dan Ulama Pesantren Luhur Malang) / Anis Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pandangan ulama terhadap mata pelajaran seni tari di SMP / Mts (Studi Kasus pada Ulama Pesantren Ilmu Al-Quran Singosari dan Ulama Pesantren Luhur Malang) / Anis Mufidah

Mufidah, Anis (2009) Pandangan ulama terhadap mata pelajaran seni tari di SMP / Mts (Studi Kasus pada Ulama Pesantren Ilmu Al-Quran Singosari dan Ulama Pesantren Luhur Malang) / Anis Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMP/MTs sebagai lembaga pendidikan menengah pertama memiliki peran penting dalam menentukan arah siswa demi pendidikan selanjutnya. Pihak SMP/MTs yang menerapkan mata pelajaran Seni Budaya memiliki wewenang untuk memilih sub mata pelajaran seni tari diantara seni rupa seni musik dan seni drama. Seni tari sebagai bagian dari budaya yang selalu berkembang perlu dijaga tata nilainya agar tidak tercampur dengan budaya asing yang tidak sesuai dengan tata nilai di Indonesia. Kondisi semacam ini ternyata menimbulkan pro dan kontra terutama di kalangan ulama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan ulama terhadap kedudukan seni tari dalam dunia pendidikan terutama di SMP/MTs. Ruang lingkup penelitian ini meliputi (1) pandangan ulama terhadap seni tari (2) pandangan ulama terhadap tujuan mata pelajaran seni tari di SMP/MTs (3) pandangan ulama terhadap fungsi seni tari (4) pandangan ulama terhadap bentuk penyajian tari (5) pandangan ulama terhadap penerapan mata pelajaran seni tari dalam kurikulum SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah ulama tradisional dari Pesantren Ilmu Al-Qur an Singosari dan ulama modern dari Pesantren Luhur Malang. Pada penelitian ini peneliti sebagai instrumen atau alat pengumpul data utama. Dalam teknik pengumpulan datanya peneliti melakukan wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara yang telah dirancang sebelumnya. Analisis data secara induktif dilakukan dengan menarik kesimpulan berdasarkan catatan hasil wawancara dan disajikan secara sistematis berdasarkan ruang lingkup yang dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan ulama tradisional maupun ulama modern terhadap mata pelajaran seni tari di SMP/MTs adalah tidak menolak atau boleh diterapkan dalam kurikulum sekolah demi pembentukan akhlaq dan masa depan siswanya. Dilihat dari fungsinya untuk menumbuhkembangkan potensi siswa maka bentuk penyajian tari di SMP/MTs yang terdiri dari (a) penari (b) gerakan (c) busana tari (d) dan tema tari perlu dikemas sesuai syari at Islam. Perbedaan aliran kedua ulama ini membawa pandangan yang berbeda pula pada bentuk penyajian tari yaitu pada pementasan tari dan musik iringan tari yang digunakan. Ulama tradisional menghendaki pementasan tari yang dilaksanakan di sekolah tidak terdapat percampuran antara penonton laki-laki dan perempuan kecuali mahram. Alat musik yang menimbulkan berbagai macam bunyi tidak diperbolehkan seperti piano seruling dan sejenisnya. Sedangkan ulama modern memperbolehkan dengan catatan tujuannya baik dan tidak terdapat unsur kemaksiatan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru yang melaksanakan mata pelajaran seni tari di SMP/MTs dapat mengaplikasikan tata nilai di Indonesia utamanya nilai agama Islam di sekolah sehingga seni tari diapresiasi siswa sebagai mata pelajaran yang memiliki tata nilai yang sesuai dengan budaya Indonesia. Bagi masyarakat dan para pendidik dapat menyikapi secara bijak dalam menempatkan seni tari sebagaimana tata nilai yang diterapkan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140040

Actions (login required)

View Item View Item