Experience Dance Studio Malang profil dan pembelajaran tari / Yovita As Salamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Experience Dance Studio Malang profil dan pembelajaran tari / Yovita As Salamah

Salamah, Yovita As (2009) Experience Dance Studio Malang profil dan pembelajaran tari / Yovita As Salamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran tari dapat dilakukan dimana saja maupun kapan saja baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Dalam pendidikan formal pembelajaran tari bisa dilakukan di akademi-akademi seni seperti Program Studi Pendidikan Seni Tari di Universitas Negeri Malang dan sebagainya. Sedangkan pembelajaran seni tari melalui pendidikan non formal dapat dilaksanakan melalui cara pencantrikan di sanggar. EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang merupakan salah satu lembaga pembelajaran seni tari non formal yang ada di kota Malang yang menganut perluasan pengertian dari istilah sanggar/studio tari. Pelaksanaan pembelajaran tari di EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang dilakukan oleh instruktur/pelatih kepada siswa/anggota sebagaimana yang menjadi ciri dari penularan seni dalam sistem akademik. Sistem pembelajaran tersebut menurut dugaan peneliti berhasil dilaksanakan di EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang mengingat kelangsungan pembelajaran tari di EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang tersebut tetap mendapat perhatian dari masyarakat dalam beberapa tahun ini. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas maka rumusan permasalahan yang dapat diambil adalah bagaimana konsep pembelajaran tari di EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tari di EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pembelajaran tari di EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang dan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tari di EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif tekhnik analisa datanya adalah dengan melalui proses secara induksi interpretasi dan konseptialisasi. Melalui hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (I) di EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang mengawali proses pemebelajaeannya dengan menyusun konsep pembelajaran terlebih dahulu dengan tujuan agara proses pembelajaran dapat berjalan lebih terarah. (II) pelaksanan pembelajaran tari dilakukan oleh instruktur/pelatih kepada siswa/anggota di EXPERIENCE DANCE STUDIO Malang. Dari hasil penelitian diatas maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa konsep pembelajaran harus disusun terlebih dahulu sebelum memulai proses pembelajaran. Hal tersebut dilakukan agar proses pembelajaran lebih terarah dan akan memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140017

Actions (login required)

View Item View Item