Perancangan iklan layanan masyarakat tentang pentingnya belajar untuk anak SD dalam bentuk komik / Zaini Nur Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan iklan layanan masyarakat tentang pentingnya belajar untuk anak SD dalam bentuk komik / Zaini Nur Hadi

Hadi, Zaini Nur (2010) Perancangan iklan layanan masyarakat tentang pentingnya belajar untuk anak SD dalam bentuk komik / Zaini Nur Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadi Zaini Nur. 2010. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pentingnya Belajar Untuk Anak SD Dalam Bentuk Komik. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muhadjir (II) Moch. Abdul Rachman M.Sn Kata Kunci perancangan iklan layanan masyarakat komik anak sekolah dasar Masa kecil adalah masa dimana manusia memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dalam hal apapun yang mereka pikir itu adalah hal baru dan menyenangkan hal ini kadang membuat mereka melupakan kewajibannya untuk belajar akhirnya munculah sebuah permasalahan bagi kita sebagai orang tua atau pun seorang kakak yang memiliki anak atau pun adik yang masih duduk di bangku sekolah dasar dalam memberi mereka sebuah motifasi yang bertujuan untuk membuat mereka memiliki kemauan untuk belajar dengan cara yang menurut mereka adalah hal yang baru dan menyenangkan. Untuk mengatasi permasalahan di atas maka di susunlah perancangan iklan layanan masyarakat dalam bentuk komik ini komik digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat khususnya anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar (SD) tentang pentingnya belajar dalam kehidupan mereka. Perancangan komik ini bertujuan untuk memberikan pengarahan akibat kurang di perhatikannya minat belajar seorang anak sekolah dasar yang nantinya dapat berakibat fatal untuk masa depan mereka kemudian dengan memasukan unsur iklan layanan masyarakat di dalamnya penulis akan mampu mengaplikasikan pesan moral dalam komik ini kedalam diri pembaca yang kemudian sedikit banyak akan tertanam ke alam bawah sadar mereka dan membuatnya memiliki motifasi untuk terus belajar. Komik ini juga menyertakan konsep identifikasi informasi serta persuasi dalam komponen-komponennya. Model perancangan ini merupakan model perancangan deskriptif yang menerangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan produk. Diawali dari penulisan latar belakang pengidentifikasian tujuan dilanjutkan dengan pengumpulan data berupa beberapa isi dari informasi serta penggunaan konsep-konsep tersebut yang kemudian diaplikasikan dalam komik ini sehingga dengan demikian penyampaian informasi akan menjadi lebih efektif. Komik disini dipilih karena komik merupakan salah satu media komunikasi visual yang dapat dipakai untuk mempengaruhi pembaca dengan cerita dan ilustrasinya selain itu komik atau cerita bergambar adalah media yang tepat untuk membuat anak-anak tertarik. Komik dengan kekuatan visual dan cerita yang terkandung didalamnya dapat memberikan informasi kepada pembaca tentang sesuatu dalam hal ini adalah pesan moral yang terkandung di dalamnya. Dengan memasukkan suatu informasi positif dan pesan moral dalam karya yang akan kita hasilkan akan memberi kan dampak positif untuk kehidupan bangsa kita di masa yang akan datang dan disarankan untuk perancangan selanjutnya agar terus mengangkat tema iklan layanan masyarakat dengan melalui berbagai macam media yang lain khususnya untuk anak sekolah dasar (SD) yang saat ini masih sangat minim di indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item View Item