Korelasi pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Yoga Prabowo Sanyoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Yoga Prabowo Sanyoto

Yoga Prabowo Sanyoto (2009) Korelasi pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Yoga Prabowo Sanyoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan perpustakaan baik di lingkungan sekolah perguruan tinggi maupun masyarakat merupakan salah satu sarana dan prasarana yang dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan. Perpustakaan merupakan bagian integral dari suatu lembaga pendidikan formal disamping itu dengan belajar di perpustakaan dapat membentuk suatu mental belajar sepanjang hayat. Perpustakaan masih merupakan keinginan (wants) daripada kebutuhan (needs) bagi sementara orang artinya bahwa kesadaran dan pemahaman tentang perlunya layanan perpustakaan sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan sudah ada mulai menggejala dan berkembang tetapi belum merupakan prioritas utama. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hubungan antara pemanfaatan bahan pustaka sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (2) mendeskripsikan hubungan antara jumlah waktu yang digunakan untuk membaca bahan pustaka di perpustakaan dengan prestasi belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (3) mendeskripsikan hubungan antara frekuensi untuk membaca di perpustakaan dengan prestasi belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi. Terkaitan dengan penelitian ini peneliti bermaksud untuk mengetahui adakah hubungan (korelasi) antara pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang dengan prestasi yang diperolehnya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan perpustakaan (X) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (Y). Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan yang signifikan antara Pemanfaatan bahan pustaka sebagai sumber belajar dengan prestasi mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2003 2006. Hubungan korelasinya menunjukkan angka sebesar 0 247 (2) terdapat hubungan yang tidak signifikan antara lama waktu yang digunakan untuk membaca di perpustakaan dengan prestasi mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2003 2006. Hubungan korelasinya menunjukkan angka sebesar 0 012 (3) terdapat hubungan yang tidak signifikan antara frekuensi berkunjung ke perpustakaan dengan Prestasi mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2003 2006. Hubungan korelasinya menunjukkan angka sebesar 0 009. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara sub-sub variabel pemanfaatan bahan pustaka sebagai sumber belajar lama waktu yang digunakan untuk membaca bahan pustaka di perpustakaan dan frekuensi mengunjungi perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2003 2006. Secara keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2003 2006. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada (1) mahasiswa Teknologi Pendidikan hendaknya semakin meningkatkan pemanfaatan perpustakaan khususnya dengan memanfaatkan bahan pustaka yang ada di dalamnya (2) dosen Jurusan Teknologi Pendidikan hendaknya mengembangkan pola pembelajaran yang dapat mendorong bahkan memaksa mahasiswa untuk memanfaatkan perpustakaan secara maksimal (3) pengelola perpustakaan hendaknya meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa memberi ketrampilan secara teknis dalam penggunaan serta pemanfaatan fasilitas fasilitas yang ada (4) peneliti selanjutnya hendaknya mengadakan penelitian - penelitian lanjutan yang terkait menganalisa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item