Pengembangan model pembelajaran dribbling dan shooting sepakbola menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasuruan / Imam Ato'illah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran dribbling dan shooting sepakbola menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasuruan / Imam Ato'illah

Ato'illah, Imam (2009) Pengembangan model pembelajaran dribbling dan shooting sepakbola menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasuruan / Imam Ato'illah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah belum mampu berbuat banyak dalam ikut menciptakan manusia yang sehat dari segi fisik maupun nonfisik. Hal ini dikarenakan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah terpusat pada guru (gaya komando). Dari pembelajaran gaya ini siswa tidak diberi kesempatan untuk berlatih pada tingkat kemampuan mereka sendiri. Untuk itu diperlukan suatu gaya mengajar yang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki siswa. Gaya mengajar tersebut adalah gaya mengajar inklusi yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memulai latihan pada tingkat kemampuannya serta dapat menilai dirinya sendiri sehingga membuat pembelajaran pendidikan jasmani menyenangkan. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada guru pendidikan jasmani dan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasuruan dapat disimpulkan bahwa siswa tidak pernah diberikan kesempatan untuk memilih kelompok yang sesuai dengan keterampilan tiap-tiap siswa dalam melakukan pembelajaran sepakbola. Rumusan masalah dalam penelitian ini belum adanya pengembangan pembelajaran dribbling dan shooting sepakbola untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran dribbling dan shooting sepakbola menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasuruan. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Research and Development yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1983). Langkah-langkah penelitian adalah sebagai berikut (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan (2) Mengembangkan bentuk produk awal (3) Evaluasi ahli dengan kualifikasi yaitu 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani 2 ahli sepakbola dan uji coba (kelompok kecil) (4) Revisi produk awal (sesuai dari hasil evaluasi para ahli dan uji coba) (5) Uji coba lapangan dengan mengujicobakan hasil revisi produk awal (6) Revisi produk akhir (sesuai dari hasil uji lapangan) (7) Hasil akhir produk pengembangan pembelajaran dribbling dan shooting sepakbola menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasuruan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk ahli dan siswa. Dengan kualifikasi 1 orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan 2 orang ahli sepakbola sedangkan untuk siswa dilakukan uji coba (kelompok kecil) sebanyak 15 siswa dan uji lapangan (kelompok besar) sebanyak 36 siswa. Hasil penilaian atau evaluasi pembelajaran ini yaitu sebagai berikut dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani yaitu 100% (sangat baik) dari ahli permainan sepakbola 1 yaitu 100% (sangat baik) dari ahli permainan sepakbola 2 yaitu 100% (sangat baik) dari uji coba (kelompok kecil) siswa yang mengawali level I yaitu 85 14% (baik) level II yaitu 79 16% (baik) level III yaitu 85 89% (baik) level IV yaitu 88 8% (baik) dan dari uji lapangan (kelompok besar) siswa yang mengawali level I yaitu 86 14% (baik) level II yaitu 85 42% (baik) level III yaitu 94 5% (sangat baik) dan level IV yaitu 92 2% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan pembelajaran dribbling dan shooting sepakbola menggunakan gaya mengajar inklusi ini menyenangkan dan mudah dilakukan siswa serta dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan keterampilan lanjutan dribbling dan shooting sepakbola. Produk yang dihasilkan berupa pembelajaran dribbling dan shooting sepakbola menggunakan gaya mengajar inklusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139971

Actions (login required)

View Item View Item