Pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn di SMP Negeri 1 Malang / Iis Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn di SMP Negeri 1 Malang / Iis Puji Lestari

Lestari, Iis Puji (2009) Pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn di SMP Negeri 1 Malang / Iis Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di dalam pembelajaran di sekolah untuk memperoleh hasil yang optimal dituntut tidak hanya mengandalkan terhadap apa yang ada di dalam kelas tetapi harus mampu dan mau menelusuri aneka ragam sumber belajar yang diperlukan. Guru dituntut tidak hanya mendayagunakan sumber-sumber belajar yang ada di sekolah (apalagi hanya membaca buku teks) tetapi dituntut untuk mempelajari berbagai sumber belajar seperti majalah koran maupun internet. Hal ini penting agar apa yang dipelajari sesuai dengan kondisi dan perkembangan masyarakat sehingga tidak terjadi kesenjangan dalam pola pikir siswa. Kegiatan memanfaatkan media koran tidak terbatas hanya membaca oleh karena itu guru harus menguasai dan memanfaatkannya dalam pembelajaran. Pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar dalam kegiatan belajar mengajar PKn akan menunjang kegiatan pembelajaran dan mengembangkan isi materi pembelajaran yang ada supaya tidak mengalami stagnasi membantu siswa dalam memahami materi pelajaran mempermudah peningkatan informasi menambah wawasan dan pengetahuan. Tujuan penelitan ini untuk (a) mendeskripsikan pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn di SMP Negeri I Malang (b) mendeskripsikan pola pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn di SMP Negeri I Malang (c) mendeskripsikan frekuensi pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn di SMP Negeri I Malang (d) mendeskripsikan hambatan pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn di SMP Negeri I Malang Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri I Malang tahun ajaran 2007/2008 yang keseluruhannya berjumlah 256 orang siswa. Sampel berjumlah 110 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Efektifitas pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn adalah sebagian besar siswa (63 63%) menyatakan dapat membantu sebagai sumber informasi sebagian besar siswa (65 45%) menyatakan membantu menunjang belajar sebagian besar siswa (62 72%) menyatakan sangat membantu menambah wawasan dan pengetahuan siswa sebagian siswa (45 45%) menyatakan pemanfaatan media koran sebagai sumber belajar PKn sangat membantu sebagai bahan membuat kliping sebagian siswa (53 63%) menyatakan sangat membantu sebagai bahan diskusi sebagian siswa (56 36%) menyatakan membantu sebagai bahan memberi tanggapan sebagian siswa (50 90%) menyatakan membantu sebagai bahan membuat mading. Selain itu sebagian besar siswa (68 18%) menyatakan pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn membantu siswa sebagai motivator dalam belajar PKn (2) Pola pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn adalah sebagian besar siswa (62 72%) menyatakan tidak setuju dengan pola pemanfaatannya secara individu sedangkan sebagian besar siswa (68 18%) menyatakan sangat setuju pola pemanfaatannya secara kelompok (3) Frekuensi pemanfaatan media cetak koran sebagai sumber belajar PKn adalah sebagian besar siswa (70 90%) menyatakan frekuensi sekolah menyediakan koran bagi siswa adalah seminggu sekali dalam sebulan sebagian besar siswa (77 27%) menyatakan frekuensi pemanfaatan media koran dalam membuat kliping satu kali dalam sebulan sebagian besar siswa (69 09%) menyatakan frekuensi pemanfaatan media koran dalam kegiatan diskusi sebanyak 3 kali/lebih dalam sebulan sebagian besar siswa (77 27%) menyatakan frekuensi pemanfaatan media koran dalam memberi tanggapan sebanyak dua kali dalam sebulan dan sebagian besar siswa (79 09%) menyatakan frekuensi pemanfaatan media cetak koran dalam membuat mading hanya sekali dalam sebulan (4) Hambatan dalam memanfaatkan media koran sebagai sumber belajar PKn yaitu keterbatasan waktu untuk membahas topik-topik yang sesuai dengan materi pelajaran PKn sikap guru yang berorientasi pada buku teks dan sekolah kurang menyediakan koran khususnya koran pendidikan. Saran yang disampaikan dalam penelitian agar kepala sekolah membuat kebijakan supaya para guru PKn lebih kreatif dalam mengajar salah satunya dengan memanfaatkan media koran dalam pembelajaran PKn. Hendaknya guru PKn mendayagunakan media koran sebagai sumber belajar terutama dalam proses pembelajaran PKn sehingga dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Pihak sekolah agar meningkatkan kelengkapan media cetak terutama koran sebagai sumber belajar yang ada dan bagi siswa agar lebih aktif mencari berbagai informasi yang ada dalam koran dan meningkatkan budaya membaca koran guna menambah pengetahuan dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139956

Actions (login required)

View Item View Item