Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk makanan (Studi kasus pada Mie Jogja Pak Karso di Malang) / Putri Pramesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk makanan (Studi kasus pada Mie Jogja Pak Karso di Malang) / Putri Pramesti

Pramesti, Putri (2009) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk makanan (Studi kasus pada Mie Jogja Pak Karso di Malang) / Putri Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan usaha saat ini maju dengan pesat. Persaingan usaha pun juga semakin ketat. Pelaku usaha dituntut harus berusaha lebih keras dan cermat dalam menghadapi pesaing. Pelaku usaha harus menggunakan strategi yang tepat agar dapat bertahan di pasar. Salah satu strategi yang digunakan adalah bauran promosi. Mie Jogja Pak Karso di Malang menggunakan bauran promosi yang meliputi periklanan promosi penjualan penjualan perseorangan hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bauran promosi yang terdiri dari periklanan promosi penjualan penjualan perseorangan hubungan masyrakat dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian produk makanan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Makan Mie Jogja Pak Karso di Malang. Penentuan sampel menggunakan accidental sampling penetuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang itu cocok sebagai sumber data. Besarnya sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk mendeskripsikan pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan. Dari hasil penelitian ini periklanan memperoleh nilai b1 0 125 t hitung 2 043 dan sig t 0 044. Promosi penjualan memperoleh nilai b 2 0 198 t hitung 2 264 dan sig t 0 026. Penjualan perseorangan memperoleh nilai b 3 0 459 hitung 3 925 dan sig t 0 000. Hubungan masyarakat memperoleh nilai b 4 0 536 t hitung -2 581 dan sig t 0 011. Dan pemasaran langsung memperoleh nilai b 5 0 217 t hitung 2 047 dengan sig t 0 043. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa semua elemen bauran promosi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam penelitian ini nilai R 2 0 384 ini berarti sebesar 38 4 % semua elemen bauran promosi yang dijelaskan dalam penelitian ini mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan sisanya sebesar 61 6 % keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan oleh peneliti dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini diperoleh nilai F hitung 11 696 dengan sig 0 000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut empat elemen bauran promosi yang terdiri dari periklanan promosi penjualan penjualan perseorangan dan pemasaran langsung berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan satu elemen yaitu hubungan masyarakat berpengaruh negatif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga semua elemen bauran promosi dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Bauran promosi yang paling dominan dalam penelitian ini adalah penjualan perseorangan. Mie Jogja Pak Karso sebaiknya mengkombinasikan semua elemenelemen bauran promosi karena dengan mengkombinasikan masing-masing bauran promosi secara tepat dan efektif Mie Jogja Pak Karso akan dapat bertahan di pasar yang penuh dengan persaingan ini. Dengan memahami pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian pihak Mie Jogja Pak Karso dapat menggunakan hasil penelitian tersebut untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kualitas mutu produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139926

Actions (login required)

View Item View Item