Kualitas sumber daya pengajaran pada mata diklat gambar bangunan di SMK Negeri 01 Singosari / Anugrahana S.P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas sumber daya pengajaran pada mata diklat gambar bangunan di SMK Negeri 01 Singosari / Anugrahana S.P.

Anugrahana S.P. (2009) Kualitas sumber daya pengajaran pada mata diklat gambar bangunan di SMK Negeri 01 Singosari / Anugrahana S.P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengingat pendidikan kejuruan mempunyai kaitan erat dengan dunia kerja maka pembelajaran sangat erat memegang kunci untuk membekali lulusan agar mampu beradaptasi dengan dunia kerja dan memperoleh kedudukan yang baik. Agar mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja maka lembaga pendidikan kejuruan harus mampu menyiapkan sumber daya yang berkualitas. Berdasarkan latar belakang maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas sumber daya pada mata diklat diprogram gambar bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 01 Singosari Malang. Sumber daya belajar sangat luas dan tidak terbatas. Sumber daya belajar adalah semua sumber (data manusia barang) yang dapat dipakai oleh pelajar sebagai sumber daya belajar tersendiri atau dalam kombinasi mempelancar belajar dan meliputi pesan orang material alat tekniuk dan lingkungan. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian Deskriptif. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi dan angket. Lokasi pengambilan data ini dilakukan di SMK Ngeri 01 Singosari Malang. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa sampel yang diambil 32 orang dari siswa kelas 1 dan 32 orang dari siswa kelas 2 sedangkan guru diambil sempel 5 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan guru 80% adalah S1 sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi baik. Pendidikan tambahan yang pernah diikuti guru 60% adalah kursus/pelatihan/diklat sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi cukup baik sedangkan kendala dalam prosese belajar mengajar adalah media pembelajaran. Jenis peralatan sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi cukup baik. Jumlah alat gambar sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi cukup baik. Jumlah mesin gambar sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi cukup baik. Pengaturan tata letak/lokasi tempat menggambar sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi cukup baik. Luas ruangan sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi cukup baik. Aliran listrik sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi sangat kurang baik. Tempat penyimpanan alat dan bahan menggambar sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi kurang baik. Jumlah komputer sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi sangat kurang baik. Kondisi komputer sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi kurang baik. Jumlah buku penunjang sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi kurang baik. Isi bahan bahan perpustakaan sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi kurang baik. Pengklasifikasian/pengelompokan buku buku sesuai dengan kriteria termasuk kualifikasi cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139914

Actions (login required)

View Item View Item