Perencanaan paket permainan baca, tulis, hitung, dan doa ("calistunga") untuk anak-anak usia 4-6 tahun / Dwi Setyo Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perencanaan paket permainan baca, tulis, hitung, dan doa ("calistunga") untuk anak-anak usia 4-6 tahun / Dwi Setyo Rini

Rini, Dwi Setyo (2010) Perencanaan paket permainan baca, tulis, hitung, dan doa ("calistunga") untuk anak-anak usia 4-6 tahun / Dwi Setyo Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rini Dwi Setyo. 2010. Perancangan Paket Permainan Baca Tulis Hitung dan Berdoa ( Calistunga )Untuk Anak-Anak Usia 4-6 Tahun. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. H. Purwatiningsih MPd (II) Dody Priyatmono S. Sn Kata Kunci Permainan Calistunga Anak usia 4-6 tahun Dalam perkembangan dunia pendidikan anak usia dini pembelajaran calistung (baca tulis dan hitung) menjadi perdebatan masyarakat karena seharusnya anak pada usia dini tidak boleh diajarkan calistung . Padahal saat masuk ke sekolah dasar anak diharuskan menguasai calistung . Karena itulah belajar dan bermain dapat menjadi solusinya. Selain membaca menulis dan berhitung anak harus dibiasakan untuk berdoa dimanapun dia berada. Pada pembahasan kali ini metode pengajaran calistung akan ditambahkan dengan pembelajaran doa sehari-hari. Sehingga metode belajar anak menjadi calistunga (baca tulis hitung dan doa). Sesuai dengan penjelasan diatas maka perancangan paket permainan baca tulis hitung dan berdoa ( calistunga ) untuk anak-anak usia 4- 6 tahun beserta media promosinya diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Perancangan paket permainan calistunga ini bertujuan untuk memberikan salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan pembelajaran untuk anak usia dini (4-6 tahun). Model perancangan yang dipakai adalah model perancangan prosedural. Untuk menghasilkan sebuah produk yang dapat memecahkan masalah diperlukan identifikasi data perancangan yang dibagi menjadi data pustaka dan data lapangan. Data pustaka diambil dari buku-buku relevan dan internet. Data lapangan diambil dari wawancara pengajar di salah satu institusi pendidikan. Setelah itu data perancangan disentesis dan dihasilkan sebuah konsep perancangan. Hasil perancangan adalah paket kartu calistunga yang terdiri dari 92 kartu (baca tulis hitung dan doa) yang dapat digunakan untuk bermain dan belajar kemasan akrilik yang di desain agar anak dapat memilih dan menentukan materi apa yang akan dia pelajari dengan memutar lingkaran pemutar diatasnya tas jinjing yang digunakan untuk membawa kemasan serta buku panduan untuk orang tua atau pengajar yang ada di sekolah dan buku mewarna. Selain itu media promosi yang dihasilkan adalah poster sticker leaflet brosur spanduk X-Banner kaos iklan koran pin katalog merchandise (puzzle) dan backdrop. Kesimpulan dari hasil perancangan paket kartu calistunga adalah penyajian permainan calistunga dapat menjadi solusi permasalahan pembelajaran untuk anak usia dini. Perancangan ini disarankan agar diuji lebih lanjut misalnya dengan mengujicobakan pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item View Item