Hubungan kondisi dan penggunaan sarana prasarana pendidikan dengan keefektifan pembelajaran di Madrasah Aliyah negeri (MAN) se-kabupaten Tulungagung / Siti Alfidiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kondisi dan penggunaan sarana prasarana pendidikan dengan keefektifan pembelajaran di Madrasah Aliyah negeri (MAN) se-kabupaten Tulungagung / Siti Alfidiyah

Alfidiyah, Siti (2010) Hubungan kondisi dan penggunaan sarana prasarana pendidikan dengan keefektifan pembelajaran di Madrasah Aliyah negeri (MAN) se-kabupaten Tulungagung / Siti Alfidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfidiyah S. 2008. Hubungan Kondisi dan Penggunaan Sarana Prasarana Pendidikan dengan Keefektifan Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Se-Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Supriyanto M. Pd M. Si. Pembimbing (II) Dr. H. Imron Arifin M. Pd. Kata kunci kondisi sarana prasarana pendidikan penggunaan sarana prasarana pendidikan dan keefektifan pembelajaran. Sarana adalah sesuatu yang secara tidak langsung digunakan dalam proses kegiatan belajar-mengajar sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang ada dan dibutuhkan sebelum adanya kegiatan belajar mengajar. Untuk itu dibutuhkan upaya-upaya dari setiap lembaga pendidikan dalam menjaga dan memelihara agar sarana prasarana selalu dalam kondisi baik dan siap pakai saat dibutuhkan sewaktu-waktu oleh komponen sekolah. Upaya ini menjaga dan memelihara kondisi dari sarana dan prasarana pendidikan adalah tanggung jawab seluruh warga sekolah agar sarana prasarana pendidikan berdayaguna sepenuhnya sebagai penunjang pembelajaran selain itu juga dapat membantu terlaksananya pembelajaran agar dapat berjalan efektif sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan.. Berkaitan dengan pendayagunaan sarana prasaran pendidikan sarana prasarana merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang keefektifan pembelajaran. Sumbangan yang dapat diberikan dari sarana dan prasarana pendidikan diwujudkan dalam realisasi penggunaan sarana da prasarana pendidikan untuk menunjang pembelajaran agar pembelajaran dapat mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Se-Kabupaten Tulungagung telah mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang keefektifan pembelajaran. Keefektifan pembelajaran dapat terlaksana jika sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan tersedia dan didayagunakan sebagaiman mestinya selain sebagai penunjang pembelajaran sarana dan prasarana pendidikan juga dapat membantu pendidik peserta didik dan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sarana prasarana pendidikan (X) meliputi kondisi (X1) dan Penggunaannya (X2) variabel terikat dalam penelitian ini adalah keefektifan pembelajara (Y). Populasi penelitian berjumlah 188 guru sedangkan sampelnya berjumlah 127guru dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional rondom sampling dan angket sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan pengujian validitas data dan reliabilitas data melalui teknik korelasi product moment dan regresi untuk melengkapi penelitian digunakan dokumentasi data dan wawancara. Analisi data diolah dengan menggunakan sistem komputerisasi melalui program SPSS 13.00 for windows release. Berdasarkan hasil penelitian rhitung menunjukkan nilai sebesar 0 550. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa baik kondisi dan penggunaan sarana prasaran pendidikan telah menunjang kegiatan belajar mengajar terutama yang berkaitan dengan keefektifan pembelajaran. Untuk itu dibutukan interaksi aktif dan hubungan yang harmonis antara pengajar dan peserta didik dalam menjaga kondisi dan pendayagunaan sarana prasarna pendidikan untuk kegiatan belajar-mengajar agar proses belajar-mengajar berjalan efektif. Efektifitas pembelajaran dapat diukur melalui seberapa besar dan jauh target telah tercapai dengan pertimbangan waktu kualitas dan kuantitas. Semakin tinggi ketercapaian target semakin tinggi pula tingkat keefektifan yang diperoleh. Keefektifan pembelajaran dapat diuji melalui teknik dan metode pembelajaran yang diterapkan dengan menetapkan terlebih dahulu jangka waktu dan target yang ingin dicapai pada kegiatan belajar-mengajar. Dari hasil penelitian penulis memberikan saran (1) bagi MAN se-kabupaten Tulungagung yaitu diharapkan baik guru maupun peserta didik dan masyarakat madrasah lain untuk turut serta memelihara dan mendayagunakan serta mengoptimalkan sebaik-baiknya sarana prasarana pendidikan yang dimiliki agar kondisinya selalu terjaga dan berdayaguna. (2) bagi Departemen Agama Islam (Depag) yaitu dapat dijadikan pertimbangan sebagai upaya pemenuhan sarana prasarana pendidikan agar mengetahui kondisi sarana prasarana yang layak didayagunakan dengan sebaik-baiknya kepada lembaga pendidikan yang dinaungi. (3) bagi jurusan Administrasi Pendidikan yaitu lebih memperhatikan kondisi sarana prasarana pendidikan yang mendukung pembelajaran dan memperhatikan teknik dan intensitas penggunaan yang benar dari sarana prasarana yang sedang berkembang agar dapat dijadikan tambahan teori pada bidang manajemen sarana prasarana pendidikan. (4) bagi peneliti selanjutnya yaitu sebagai tambahan teori untuk menelaah atau meneliti lebih jauh lagi secara rinci tentang identifikasi faktor terbesar atau hubungan yang dominan dari sarana dan parasarana terhadap keefekktifan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139894

Actions (login required)

View Item View Item