Perancangan kamus tematis bergambar Indonesia - Arab untuk anak-anak SD/MI / Yuli Widyarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan kamus tematis bergambar Indonesia - Arab untuk anak-anak SD/MI / Yuli Widyarini

Widyarini, Yuli (2010) Perancangan kamus tematis bergambar Indonesia - Arab untuk anak-anak SD/MI / Yuli Widyarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyarini Yuli. 2010. Perancangan Kamus Tematis Bergambar Indonesia Arab untuk Anak-anak SD/MI. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Drs. Didiek Rahmanadji. Kata kunci perancangan kamus kamus tematis bergambar Indonesia Arab SD/MI. Kamus tematis bergambar Indonesia Arab untuk anak-anak SD/MI diangkat dalam skripsi ini sebagai topik dengan pertimbangan bahwa pembelajaran bahasa Arab untuk anak-anak usia dini membutuhkan banyak kosa kata dengan target penguasaan 300 kosa kata khususnya kosa kata yang sering digunakan dan ditemukan dalam kegiatan sehari-hari. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan dalam membentuk pelafalan bahasa anak sejak dini khususnya bahasa asing. Untuk itu dibutuhkan kamus sebagai sarana belajar untuk anak-anak dalam memperbanyak kosa kata. Kamus Indonesia Arab yang beredar di toko-toko buku sangat banyak biasanya bukunya tebal banyak kosa kata luas/umum dan tidak bergambar. Jika bergambar menurut pengamatan gambarnya terlalu monoton dan tidak berwarna sehingga kamus tersebut kurang menarik dan kurang cocok untuk anak-anak. Permasalahan yang dirumuskan adalah diperlukan kamus tematis bergambar Indonesia Arab yang cocok untuk anak-anak yaitu kamus yang membutuhkan kosa kata yang sederhana/sehari-hari kosa katanya terbatas tidak terlalu luas/umum dan gambarnya full colour. Hal ini bertujuan untuk menarik minat anak-anak dalam belajar bahasa Arab dan memudahkan anak dalam menghafal kosa kata bahasa Arab. Perancangan ini menggunakan model prosedural dan terdeskripsi langkah-langkah kerjanya. Model perancangan yang digunakan adalah model rasional. Dalam model perancangan rasional langkah-langkah perancangan dilakukan secara sistematik dan terstruktur berurutan dari awal sampai dengan akhir. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data yang bersumber dari observasi dan pengumpulan contoh-contoh kamus yang sudah ada serta wawancara secara langsung kepada pihak guru bahasa Arab di SD Muhamadiyah I MI Attaroqqie wali murid dan karyawan toko buku. Pengumpulan data diperoleh juga lewat majalah internet buku atau artikel-artikel lainnya. Produk yang dihasilkan berupa sebuah kamus tematis bergambar Indonesia Arab untuk anak-anak SD/MI. Produk ini berupa buku kamus dengan konsep gaya desain Eropa full colour terdiri atas 24 tema yang diambil dari lingkungan sehari-hari anak-anak. Ukuran bukunya 20 1 cm x 31 9 cm kertas Linen 100 gram dengan cover yang dicetak di atas kertas Art Paper 180 gram dan dijilid hardcover dengan full colour jumlah halamannya 60 full colour dibuat dengan teknik manual (sketsa). Software pendukung visual desainnya menggunakan Adobe Ilustrator (tracing) Adobe Photoshop (penintaan dan pengcropingan) dan CorelDraw (teks Indonesia dan Arabnya). Untuk mendukung kamus tematis bergambar ini maka dibuat media promosi komunikasi visual berupa poster iklan majalah stiker kalender 2010 pembatas buku dan ular tangga. Kelemahan dari kamus bergambar ini adalah dilihat dari segi desainnya kamus ini digunakan sebagai media pembelajaran tetapi yang lebih menonjol sisi bisnis penjualannya karena pewarnaan kamus yang full colour sehingga menyebabkan harga penjualan mahal. Kamus yang dihasilkan ini belum diuji coba maka disarankan agar dilakukan pengujian untuk diketahui keefektifannya. Kamus ini dapat digunakan untuk belajar secara mandiri. Tema-tema isi kamus ini didesain secara berurutan untuk itu disarankan penggunaannya juga secara berurutan. Untuk pengembangan lebih lanjut disarankan dilakukan perancangan media kartu kamus bergambar untuk melengkapi penggunaan kamus ini agar lebih maksimal fungsinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13986

Actions (login required)

View Item View Item