Perancangan komik superhero "Arlang: the Spirit of Malang" sebagai media promosi dan pengenalan Kota Malang / Kresnha Adhitya Zulkarnaen - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan komik superhero "Arlang: the Spirit of Malang" sebagai media promosi dan pengenalan Kota Malang / Kresnha Adhitya Zulkarnaen

Zulkarnaen, Kresnha Adhitya (2010) Perancangan komik superhero "Arlang: the Spirit of Malang" sebagai media promosi dan pengenalan Kota Malang / Kresnha Adhitya Zulkarnaen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulkarnaen Kresnha Adhitya. 2009. Perancangan Komik Superhero ARLANG The Spirit of Malang sebagai media promosi dan pengenalan Kota Malang. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji (II) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn Kata Kunci Perancangan Komik Promosi kota Malang. Saat ini sangat sedikit komik Indonesia terutama tema superhero yang menyertakan unsur- unsur local genius atau kebudayaan nasional dalam penciptaannya begitu juga dengan karakter- karakter yang dimunculkan dalam komik tersebut. Padahal hal tersebut sangat penting dikarenakan untuk memperkenalkan aset kebudayaan nasional maupun tempat- tempat bersejarah Indonesia kepada pembaca terutama generasi muda. Malang merupakan salah satu kota yang cukup penting di Jawa Timur. Kota Malang dikenal sebagai kota pariwisata dan pendidikan. Cukup banyak aset utama di kota Malang yang menjadi ciri khas kota Malang. Saksi sejarah Indonesia pun juga banyak ditemukan di kota yang dikenal dengan kota pendidikan dan kota bunga ini. Dilatar belakangi oleh hal tersebut di atas maka penulis ingin mengangkat tema kekayaan dan profil daerah atau kota dalam bentuk komik superhero lokal yang tidak hanya bersifat sebagai hiburan yang menarik semata melainkan juga sebagai media informasi dan media promosi yang efektif untuk memperkenalkan kota Malang kepada publik. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan suatu komik superhero kota Malang yang bersifat sebagai media promosi dan pengenalan kota Malang. Selain itu juga untuk menciptakan suatu bentuk karakter superhero komik kota Malang. Model perancangan yang dipakai adalah model perancangan prosedural yang menerangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan produk diawali dari penulisan latar belakang pengidentifikasian tujuan dilanjutkan dengan pengumpulan data perancangan konsep hingga pembuatan karya final. Data yang menjadi acuan adalah data-data yang bersumber dari hasil survei wawancara dan buku-buku literatur. Berdasarkan perancangan ini saran penulis adalah dalam perancangan media komik bukan hanya memperhatikan segi visualisasi namun juga memperhatikan jalinan cerita yang menarik sehingga tujuan dari komik itu sendiri dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item View Item