Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar matadiklat manajemen perkantoran kelas X pada SMK PGRI 6 Malang / Doddy Dwi Rakhman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar matadiklat manajemen perkantoran kelas X pada SMK PGRI 6 Malang / Doddy Dwi Rakhman

Rakhman, Doddy Dwi (2009) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar matadiklat manajemen perkantoran kelas X pada SMK PGRI 6 Malang / Doddy Dwi Rakhman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) melibatkan siswa sejak perencanaan baik dalam menentukan topik maupun cara mempelajarinya melalui investigasi. Pembelajaran ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjadikan siswa lebih aktif dalam berkomunikasi dan pembelajaran kooperatif model GI merupakan variasi dalam pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton dengan hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak merasa bosan. Penelitian dilakukan untuk menguji keefektifan pembelajaran kooperatif model group investigation pada bab wewenang tanggung jawab dan kepemimpinan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model group investigation (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran kooperatif model group investigation (3) untuk mengetahui bagaimanakah tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran metode kooperatif model Group Investigation dalam matadiklat manajemen perkantoran (4) untuk mengetahui tanggapan guru terhadap proses pembelajaran kooperatif model group investigation dalam matadiklat manajemen perkantoran (5) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diadakan pembelajaran kooperatif model group investigation dalam matadiklat manajemen perkantoran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas X APK 2 SMK PGRI 06 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes panduan observasi format penilaian dan angket untuk siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan model group investigation diawali dengan kegiatan inti pada pertemuan pertama yaitu pembentukan kelompok kesepakatan siswa dalam pembagian tugas kegiatan pemantapan dan pengembangan melalui presentasi pada pertemuan pertama dan kedua yang mana siklus II siswa lebih aktif daripada siswa pada siklus I (2) terdapat 2 hal yang menjadi penghambat dalam penelitian yaitu minimnya sarana yang dimiliki dan motivasi siswa yang menurun dan terdapat 2 hal yang menjadi pendukung penelitian yaitu adanya penambahan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan kerjasama guru yang baik (3) tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation secara umum positif yaitu antara lain siswa merasa bahwa metode group investigation menyenangkan dan bisa dijadikan variasi kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton hanya beberapa siswa yang merasa terbebani dengan penerapan pembelajaran ini (4) tanggapan guru terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation cukup positif guru beranggapan bahwa metode tersebut dapat membuat siswa aktif bekerja dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi (5) hasil belajar siswa dilihat dari nilai yang diperoleh pada post test siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan dimana dari siklus I sampai siklus II terjadi kenaikan hal ini dapat dilihat bahwa hampir 80 % nilai siswa telah memenuhi standart kelulusan yang telah ditentukan yaitu 70. Dari penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation saran yang dapat dikemukakan diantaranya (1) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 06 Malang diharapkan pembelajaran kooperatif model group investigatioan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembelajaran selanjutnya (2) untuk guru dapat menambah wawasan dalam meningkatkan minat siswa dalam proses belajar sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan sesuai standart kompetensi yang diharapkan (3) bagi peneliti hendaknya dapat digunakan sebagai pengetahuan dan pengalaman dalam mengajar nantinya (4) bagi siswa diharapkan dapat memandang pengetahuan secara konstruktif dan memiliki hubungan interpersonal dalam proses kelompok secara efektif (5) bagi Universitas Negeri Malang (UM) dapat digunakan sebagai referensi dalam karya ilmiah mahasiswa selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139796

Actions (login required)

View Item View Item