Pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP di kelas VII MTsN I Malang / Reni Ike Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP di kelas VII MTsN I Malang / Reni Ike Sulistyowati

Sulistyowati, Reni Ike (2009) Pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP di kelas VII MTsN I Malang / Reni Ike Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan menulis pesan singkat termasuk salah satu kompetensi dasar KTSP di tingkat SMP/MTs khususnya kelas VII. Pembelajaran menulis pesan singkat tidak terlepas dari tujuan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi baik secara lisan atau tertulis. Kompetensi menulis pesan singkat tercantum dalam KTSP. Sesuai dengan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2006 atau disebut dengan KTSP. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masingmasing satuan pendidikan. Oleh karena itu dengan adanya kebebasan untuk menyusun kurikulum di tiap satuan pendidikan guru diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran menulis pesan singkat sesuai dengan lingkungan sekitar dan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP di kelas VII MTsN Malang I. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP di MTsN Malang I (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP di MTsN Malang I (3) mendeskripsikan kegiatan penilaian pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP di MTsN Malang I dan (4)mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP di MTsN malang I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata deskripsi tindakan dan dokumen. Sumber data penelitian ini adalah informan peristiwa berlangsungnya KBM yang dikelola oleh guru dan dokumen atau arsip seperti silabus dan RPP. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Instrumen lain berupa panduan studi dokumentasi panduan wawancara dan panduan observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi partisipasi pasif wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama perencanaan pembelajaran menulis pesan singkat di kelas VII MTsN Malang I ditinjau dari penyusunan silabus dan RPP sudah sesuai dengan komponen-komponen pengembangan RPP dan silabus dalam KTSP. Kedua pelaksanaan pembelajaran menulis pesan singkat kelas VII MTsN Malang I tidak sesuai dengan KTSP disamping itu dalam pelaksanaannya tidak sinkron dengan RPP dan Silabus. Ketiga kegiatan penilaian pembelajaran menulis pesan singkat kelas VII MTsN Malang I sudah sesuai dengan KTSP dan berpedoman pada PBK. Keempat faktor pendukung dan penghambat pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP terdiri dari tiga aspek yaitu perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Faktor pendukung pada perencanaan adalah adanya kerjasama guru mata pelajaran dalam menyusun dan mengembangkan RPP dan silabus pada pelaksanaan adalah lingkungan sekolah yang kondusif dan media pembelajaran menulis pesan singkat yang beragam dan pada penilaian pembelajaran menulis pesan singkat adalah adanya kebebasan bagi guru untuk mengembangkan serta menentukan indikator-indikator sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Faktor penghambat pada aspek perencanaan adalah guru tidak mengalami hambatan pada pelaksanaan adalah siswa merasa kesulitan untuk menerapkan ide ke dalam bentuk tulisan dan guru kurang bisa mengalokasikan waktu pembelajaran dengan tepat dan pada kegiatan penilaian adalah terbatasnya waktu penilaian serta jumlah siswa yang terlalu banyak.Dalam penelitian ini peneliti memberikan saran sebagai berikut. Pertama guru Bahasa dan Sastra Indonesia diharapkan dapat mengalokasikan waktu pembelajaran dengan tepat supaya tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran menulis pesan singkat yang tercantum dalam RPP dapat dilaksanakan. Kedua disarankan kepada peneliti selanjutnya supaya meneliti pembelajaran menulis pesan singkat berdasarkan KTSP di sekolah yang berbeda. Ini dimaksudkan agar hasil penelitian berbeda dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis pesan singkat serta menjadi acuan bagi para peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139790

Actions (login required)

View Item View Item