Faktor-faktor yang mempengarui minat siswa kelas XI tehadap mata pelajaran seni rupa di SMA Negeri I Sutojayan Kabupaten Blitar / Dwi Christanto Puji Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengarui minat siswa kelas XI tehadap mata pelajaran seni rupa di SMA Negeri I Sutojayan Kabupaten Blitar / Dwi Christanto Puji Widodo

Widodo, Dwi Christanto Puji (2010) Faktor-faktor yang mempengarui minat siswa kelas XI tehadap mata pelajaran seni rupa di SMA Negeri I Sutojayan Kabupaten Blitar / Dwi Christanto Puji Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Christanto Puji Widodo Dwi. 2008 . Minat Siswa Kelas XI terhadap Mata Pelajaran Seni Rupa di SMA Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar. . Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Robby Hidayat M. Sn (2) Drs. Andi Harisman Kata Kunci minat siswa seni rupa Belajar merupakan peristiwa dan tindakan yang berlangsung sepanjang hari khususnya dalam dunia pendidikan. Belajar muncul karena adanya minat dari individu-individu itu sendiri dan ada motivasi belajar. Dengan adanya minat maka siswa tidak akan mengalami kejenuhan dalam belajar sehingga individu dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam hubungannya dengan mata pelajaran pendidikan seni yang ada di Sekolah Menengah Atas yang berfungsi sebagai alat mengembangkan kepekaan rasa kreatifitas dan cita rasa estetis siswa dalam berkeseniaan mengembangkan etika kesadaran sosial dan kesadaran kultural siswa dalam kehidupan bermasyarakat serta rasa cinta terhadap budaya Indonesia. Pendidikan seni yang diberikan pada Sekolah Menengah Atas mencakup semua bidang seni yaitu seni rupa seni musik seni tari dan seni teater Dalam kegiatan belajar mengajar jika ada seorang siswa yang kurang berminat dalam mata pelajaran seni yang diberikan oleh guru maka guru harus bisa memberikan dorongan agar siswa jadi berminat. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sutojayan karena peneliti pernah diminta oleh guru mata pelajaran seni rupa untuk meneliti tentang faktor apa saja yang mempengaruhi siswa dalam menumbuhkan minatnya dan hasil dari penelitian tersebut akan digunakan sebagai acuan untuk pengembangan minat siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor lingkungan sosial pengalaman keturunan penunjang pendidikan dan motivasi belajar mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran seni rupa di SMA Negeri 1 Sutojayan dan apakah faktor pendukung yang paling mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran seni rupa di SMA Negeri 1 Sutojayan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor lingkungan sosial pengalaman keturunan penunjang pendidikan dan motivasi belajar mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran seni rupa di SMA Negeri 1 Sutojayan dan mendeskripsikan faktor pendukung yang paling mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran seni rupa di SMA Negeri 1 Sutojayan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan faktor-faktor yang menumbuhkan minat siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Sutojayan Sebanyak 272 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 198 siswa berdasarkan tabel Krejcie Morgan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data pada kuantitatif dengan menggunakan analisis faktor eksploratori dan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan 5 faktor yang dirasakan mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran seni rupa faktor-faktor tersebut dikelompokkan menjadi 5 faktor meliputi 1) faktor lingkungan sosial 2) pengalaman dibidang seni rupa 3) keturunan 4) penunjang pendidikan di sekolah 5) motivasi belajar. Masing-masing faktor terdiri dari bukti fisik kehandalan daya tanggap jaminan empaty yang telah dirinci sesuai pengelompokannya sedangkan faktor lingkungan sosial paling dominan berpengaruh pada minat siswa kelas XI di SMAN 1 Sutojayan terhadap mata pelajaran seni yang memiliki kategori tinggi. Saran yang dapat disumbangkan dari hasil penelitian ini adalah 1) bagi guru diharapkan hasil dari penelitian ini dapat dipergunakan untuk menilai kembali minat belajar terhadap mata pelajaran seni rupa 2) bagi peneliti lain peneliti mengharapkan adanya penelitian lanjutan untuk mencari faktor yang mempengaruhi munat belajar siswa guna peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139751

Actions (login required)

View Item View Item