Perancangan media promosi SMK Negeri 2 Blitar / Taufan Prima Ardiansyah

Ardiansyah, Taufan Prima (2009) Perancangan media promosi SMK Negeri 2 Blitar / Taufan Prima Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansyah, Taufan Prima. 2009. Perancangan Media Promosi SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Triyono Widodo, M.Sn (II) M. Abdul Rahman, S.Sn, M.Sn Kata kunci : SMK Negeri 2 Blitar, Perancangan, Media Promosi Banyak berdirinya lembaga pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Blitar, membuat para pengembang lembaga pendidikan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif, guna menumbuhkembangkan citra yang baik di mata masyarakat dengan melalui perancangan media promosi. Sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di kota Blitar, SMK Negeri 2 Blitar yang ini memiliki berbagai macam unggulan yaitu fasilitas penunjang pendidikan yang lengkap selama ini belum mempunyai media promosi yang efektif dalam menarik minat audience untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMK Negeri 2 Blitar. Berdasarkan latar belakang diatas perlu merancang media promosi yang di rasa efektif dalam memperkenalkan SMK Negeri 2 Blitar ini agar audience dapat memperoleh informasi secara lengkap dan lebih jelas mengenai SMK Negeri 2 Blitar. Model perancangan ini diawali dari tahap pra-produksi yaitu pengidentifikasi data klien, dilanjutkan dengan tahap produksi yang dimulai dari rough lay out, comperhensive layout dan final lay out, dan dilanjutkan tahap pasca produksi yang pada akhirnya media promosi ini dapat diaplikasikan. Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan media promosi yang efektif dan efisien yaitu yang dapat mengkomunikasikan serta menginformasikan tentang SMK Negeri 2 Blitar kepada siswa SMP pada khususnya dan masyarakat di Kota Blitar dan sekitarnya pada umumnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan pihak klien (SMK Negeri 2 Blitar), maka penulis mempertimbangkan, menentukan, dan mengkonsep untuk merancang media promosi ini. Media yang dihasilkan dari perancangan ini ada sepuluh media promosi, media tersebut antara lain adalah : Interaktif multimedia, X Banner, Iklan Surat Kabar, Poster, Sticker Cutting, Pin, Gelas Mug, CD Case, Kalender Meja, dan Brosur. Dengan harapan penggunaan dari media promosi ini dapat menunaikan fungsi serta tujuannya secara tepat, efektif dan semaksimal mungkin sebagai media komunikasi SMK Negeri 2 Blitar, sehingga citra (image) positif dari SMK Negeri 2 Blitar dapat meningkat, dimana secara tidak langsung juga akan berdampak pada meningkatnya jumlah siswa-siswi baru yang menempuh pendidikan SMK Negeri 2 Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13975

Actions (login required)

View Item View Item