"Penggunaan buku Qira'ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di TPQ Sunan Kalijaga Poncokusumo Malang" / Vivi Nur Maulidia - Repositori Universitas Negeri Malang

"Penggunaan buku Qira'ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di TPQ Sunan Kalijaga Poncokusumo Malang" / Vivi Nur Maulidia

Maulidia, Vivi Nur (2010) "Penggunaan buku Qira'ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di TPQ Sunan Kalijaga Poncokusumo Malang" / Vivi Nur Maulidia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidia Vivi Nur. 2008. Penggunaan Buku Qira ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di TPQ Sunan Kalijaga Poncokusumo Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Hanik Mahliatussikah S. Ag M. Hum. (II) Ahmad Munjin Nasih S. Pd M. Ag. Kata kunci buku Qira ati membaca Al-Quran TPQ. Perkembangan pembelajaran membaca Al-Quran saat ini tidak sejalan dengan perolehan hasil survey yang menyatakan bahwa masyarakat Indonesia yang kurang mampu membaca Al-Quran semakin meningkat. Berbagai strategi pengajaran membaca Al-Quran terus diuji terapkan begitu pula penggunaan berbagai buku panduan seperti Qira ati untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran tersebut khususnya di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pengajaran buku Qira ati dalam pembelajaran membaca Al-Quran disertai metode penyampaian dan pelaksanaan penilaian dan (2) problematika dalam pembelajaran membaca Al-Quran dan upaya untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini dilakukan di TPQ Sunan Kalijaga Poncokusumo Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Latar penelitian ini adalah TPQ Sunan Kalijaga Poncokusumo Malang. Data dalam penelitian ini berupa fenomena pembelajaran membaca Al-Quran di TPQ dengan penggunaan buku teks Qira ati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumenter observasi partisipasi pasif dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan dokumen. Analisis datanya dilakukan dengan cara (1) identifikasi data (2) klasifikasi dan penyaringan data dan (3) penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pengajaran membaca Al-Quran di TPQ Sunan Kalijaga Poncokusumo Malang dengan menggunakan buku Qira ati disesuaikan dengan petunjuk yang ada. Untuk pelaksanaan jilid I pembelajarannya lebih banyak memanfaatkan media peraga. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode Shautiyah dengan bentuk individu dan klasikal. Standar kenaikan halaman pada buku teks Qira ati disesuaikan dengan kebutuhan setiap materinya dan dilakukan oleh guru kelas serta dicatat dalam kartu prestasi. Untuk ujian kenaikan jilid guru memprioritaskan beberapa poin yang harus dipenuhi oleh peserta ujian. Standar kenaikan jilid ditentukan oleh seorang guru penguji yang telah ditunjuk dan dicatat pada buku rekap besar. (2) beberapa problematika yang muncul dalam pembelajaran membaca Al-Quran di TPQ ini yaitu (a) tidak banyaknya waktu siswa untuk mengikuti pembelajaran yang ada di TPQ (b) keterbatasan pengajar (c) keterbatasan sarana dan prasarana dan (d) kurangnya kesadaran dari para orang tua murid dalam membayar syahriyah pada tiap bulannya. Sedangkan untuk upaya mengatasi hal tersebut maka diperoleh solusi adalah (a) peningkatan kedisiplinan murid (b) penambahan jumlah pengajar (c) perencanaan iii penambahan gedung TPQ dan pembagian waktu pembelajaran (d) pengadaan surat edaran pembayaran syahriyah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan (1) pihak TPQ perlu meningkatkan pengadaan media pembelajaran (2) pihak TPQ perlu meningkatkan kerja sama dengan pihak sekolah (SD/MI dan MTs/SMP) dan orang tua siswa untuk mengatasi kendala-kendala yang dapat menghambat proses pembelajaran di TPQ dan (3) penelitian ini dapat dilanjutkan oleh peneliti lain dengan cara memperluas aspek kajian tentang pembelajaran membaca Al-Quran seperti kajian tentang keefektivitasan penggunaan buku Qira ati atau tentang perbandingan antara penggunaan buku Qira ati dengan buku panduan pembelajaran membaca Al-Quran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139746

Actions (login required)

View Item View Item