Perancangan visualisasi interior dalam rangka relaunching Blessing Cafe & Resto / Eric Risdhianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan visualisasi interior dalam rangka relaunching Blessing Cafe & Resto / Eric Risdhianto

Risdhianto, Eric (2010) Perancangan visualisasi interior dalam rangka relaunching Blessing Cafe & Resto / Eric Risdhianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Risdhianto Eric. 2009. Perancangan Visualisasi Interior Dalam Rangka Re-Launching Blessing Caf Resto. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc (2) Pranti Sayekti S.Sn. M.Si Kata Kunci perancangan visualisasi interior cafe Blessing Caf Resto merupakan sebuah kafe yang hampir sama dengan kafe-kafe lain yang ada di kota Batu. Blessing Caf Resto merupakan sebuah kafe dengan konsep kafe dan restoran yang digabung menjadi satu serta casual dining yang menyajikan menu hiburan live music. Kafe yang bersifat segmented ini hanya menyediakan hiburan Live Music dengan jenis musik Jazz dan Dangdut. Jenis musik ini hanya bisa dinikmati oleh penikmat musik tertentu dan tidak semua pengunjung kafe bisa menerima dan menikmatinya apalagi bagi para remaja dan anak muda. Hal ini berpengaruh kepada penurunan pengunjung secara drastis. Perancangan ini dilakukan untuk menciptakan visualisasi interior untuk re-launching Blessing Caf Resto menggunakan konsep dan strategi pemasaran Integrated Marketing Communication (IMC) dan menghasilkan rancangan media promosi sebagai media pendukung re-launching yang mampu membangun brand awareness dan meningkatkan serta menjaga atau mempertahankan image Blessing Caf Resto secara efektif dan komunikatif. Perancangan visualisasi interior Blessing Caf Resto menggunakan model prosedural. Model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif. Subyek yang digunakan adalah pengunjung Blessing Caf Resto dengan jumlah 100 orang. Instrument survey yang digunakan adalah kuisioner. Hasil dari kuesioner yang diperoleh dianalisa dengan memprosentasekan jumlah jawaban yang masuk diasumsikan berdasarkan perolehan data dengan jumlah prosentase terbesar dan diambil kesimpulannya. Jumlah prosentase yang telah dihitung dijelaskan dalam bentuk diagram pie untuk mempermudah penjelasan. Dari hasil survey dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden mengetahui Blessing Caf Resto dari brosur dan acara pensponsoran yang dilakukan oleh Blessing Caf Resto. Kebanyakan responden menganggap bahwa interior dan program acara yang ada kurang inovatif meskipun sudah ada live music. Responden juga menginginkan adanya penambahan program acara dan fasilitas yang ada di dalam kafe. Dari hasil perancangan ini ada beberapa saran yaitu (1) Agar tercipta sebuah kesatuan tema (unity) maka diperlukan adanya penataan ulang di sektor interior Blessing Cafe Resto. (2) Dalam pembuatan media Blessing Caf Resto sebaiknya lebih konsisten menggunakan hal-hal yang menjadi ciri khas mereka seperti logo warna tagline yang sesuai dengan citra perusahaan sehingga akan tercipta brand awareness. (3) Untuk selanjutnya perancangan visualisasi interior dan media promosi ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan referensi dan alternatif yang dapat diaplikasikan pada proses promosi bagi Blessing Caf Resto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13974

Actions (login required)

View Item View Item