Perancangan ILM penyakit TBC sebagai upaya edukasi kesehatan masyarakat Malang Raya / Yanuar Teguh Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan ILM penyakit TBC sebagai upaya edukasi kesehatan masyarakat Malang Raya / Yanuar Teguh Prasetyo

Prasetyo, Yanuar Teguh (2010) Perancangan ILM penyakit TBC sebagai upaya edukasi kesehatan masyarakat Malang Raya / Yanuar Teguh Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Yanuar Teguh. 2009. Perancangan ILM Penyakit TBC Sebagai Upaya Edukasi Kesehatan Masyarakat Malang Raya. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd (II) Andi Pramono S.Kom. M.T Kata kunci perancangan iklan layanan masyarakat penyakit TBC edukasi kesehatan masyarakat. TBC merupakan penyakit infeksi mematikan di Indonesia dimana tata cara meminum obat berbeda dengan penyakit pada umumnya. Di Kota Malang sendiri masih belum ada media edukasi yang menjangkau secara luas disebabkan media yang ada masih sebatas pada media cetak yang bersifat statis. Oleh karena itu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan kesadaran terhadap penyakit ini maka dibutuhkan suatu iklan layanan masyarakat. Salah satunya berupa iklan TV dengan teknik animasi 3D. Pemilihan media ini dikarenakan media ini dapat menjangkau lapisan masyarakat secara luas. Dengan demikian pesan-pesan yang hendak disampaikan dapat terserap oleh masyarakat yang menjadi target audiens. Maksud dan tujuan dari disusunnya perancangan iklan layanan masyarakat tentang penyakit TBC ini adalah untuk mengaplikasikan konsep yang didapat dari data-data dan survey ke dalam ILM dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis dan terarah serta memberi pengetahuan umum pada masyarakat mengenai penyakit TBC dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Model perancangan yang dibuat adalah menggunakan model perancangan yang bersifat prosedural yang menerangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah iklan layanan masyarakat. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari kepustakaan kuesioner wawancara pihak terkait dan pengalaman pribadi penulis. Hasil perancangan ini adalah satu buah produk iklan TV dengan teknik animasi 3D sebagai iklan layanan masyarakat tentang penyakit TBC beserta poster iklan koran brosur stiker x-banner spanduk kaos dan mug. Media- media ILM ini mempunyai satu tema pokok untuk mencegah dan memberantas penyakit TBC khususnya di wilayah Malang Raya dengan gaya desain yang diadaptasi dari kekhasan unsur-unsur lokal setempat. Berdasarkan perancangan ini dapat disarankan agar media animasi 3D tidak hanya sekedar film saja namun juga dapat diaplikasikan ke dalam bentuk- bentuk lain yang inovatif seperti iklan dan game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item