Perancangan media promosi SMK Negeri 7 Malang / Ali Rahman Yusfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media promosi SMK Negeri 7 Malang / Ali Rahman Yusfa

Yusfa, Ali Rahman (2010) Perancangan media promosi SMK Negeri 7 Malang / Ali Rahman Yusfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusfa Ali Rahman. 2009. Perancangan Media Promosi SMK Negeri 7 Malang. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pujiyanto M.Sn (II) Drs. Ponimin M.Hum Kata kunci Media promosi Perancangan Sekolah Menengah Kejuruan. Dewasa ini pilihan untuk bersekolah di sekolah kejuruan semakin tinggi. Pemerintah pun terus memberikan perhatian terhadap perkembangan program program keahlian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini membuat para pengembang lembaga pendidikan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif guna menumbuhkembangkan citra yang baik di mata masyarakat dengan melalui perancangan media promosi. Sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri di kota Malang SMK Negeri 7 Malang perlu memanfaatkan media promosi untuk menghadapi persaingan antar lembaga pendidikan dalam menarik minat audience untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke sekolah menengah atas. Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan media promosi yang berdasarkan metode prosedur dan hasil perancangan pada Media Lini Atas (Above The Line) yaitu iklan koran baliho poster spanduk vertical banner dan x-banner dan Media Lini Bawah (Below The Line) berupa brosur dan buku saku disertai dengan metode prosedur dan hasil perancangan. Model perancangan ini diawali dari pengidentifikasian tujuan dari penulisan yang tentunya terkait dengan latar belakang pembuatannya yang dilanjutkan dengan kegiatan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah SWOT (Strenght Weakness Opportunity Threat) dengan membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi kemudian ditarik kesimpulan. Adapun fokus perancangan ini yaitu (1) konsep perancangan komunikasi visual (2) proses perancangan (3) bentuk perancangan media komunikasi visual. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan (3) dan tahap penyusunan laporan perancangan. Hasil akhir dari laporan perancangan ini adalah perancangan media promosi SMK Negeri 7 Malang sebagai media promosi dengan bentuk visualisasi yang sesuai dengan ciri khas warna ilustrasi fotografi tipografi serta media yang digunakan. Saran yang dapat diajukan yaitu untuk dapat meningkatkan dan kemudian mempertahankan citra positif dari SMK Negeri 7 Malang maka penggunaan perancangan media promosi merupakan suatu solusi yang tepat. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13969

Actions (login required)

View Item View Item