Penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan keterampilan menyimak-wicara siswa kelas VIID SMP Negeri 18 Malang / Husnul Khotmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan keterampilan menyimak-wicara siswa kelas VIID SMP Negeri 18 Malang / Husnul Khotmawati

Khotmawati, Husnul (2010) Penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan keterampilan menyimak-wicara siswa kelas VIID SMP Negeri 18 Malang / Husnul Khotmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khotmawati Husnul. 2008. Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak-Wicara Siswa Kelas VIID SMP Negeri 18 Malang . Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suyono M.Pd (II) Dra. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata kunci peningkatan menyimak-wicara metode jigsaw. Pelaksanaan pembelajaran menyimak-wicara di sekolah sering diabaikan oleh guru karena dalam pembelajaran menyimak siswa kurang antusias dan dalam pembelajaran berbicara diperlukan waktu yang cukup lama. Akibatnya siswa kurang bisa menemukan isi pembicaraan dan menyimpulkannya sehingga siswa tidak bisa memberikan tanggapan terhadap isi bahan simakan. Dalam berbicara siswa tidak mempunyai kepercayaan diri yang cukup jika diminta berbicara di depan teman-temannya siswa berbicara dengan tidak lancar penggunaan bahasa Indonesia juga menjadi kacau dan isi pembicaraan menjadi tidak tepat. Padahal menyimak dan berbicara adalah keterampilan yang sering digunakan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Ketidakmampuan siswa dalam menyimak dan berbicara juga dialami oleh siswa kelas VIID SMP Negeri 18 Malang. Keterampilan menyimak dan berbicara siswa masih tergolong kurang dan masih perlu ditingkatkan. Dalam menyimak siswa masih kurang bisa berkonsentrasi dan dalam berbicara siswa merasa malu dan takut jika harus maju dan berbicara di depan teman-temannya. Guru pernah mencoba menerapkan metode diskusi biasa untuk merangsang siswa menyimak dan berbicara tetapi kurang efektif. Persoalan tersebut pun dicari solusinya. Salah satu cara yang diupayakan adalah dengan mengubah teknik diskusi yang biasa dengan teknik diskusi model jigsaw. Dengan jigsaw setiap siswa mempunyai tanggung jawab terhadap sub-sub materi tertentu yang berbeda dengan tema yang sama sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses diskusi dan tidak ada lagi istilah siswa menganggur dalam diskusi karena guru hanya berperan sebagai fasilitator saja. Dengan jigsaw diharapkan tujuan penelitian ini dapat tercapai yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIID SMP Negeri 18 Malang dalam pembelajaran menyimak-wicara. Dalam menyimak peningkatan ditekankan pada aspek kemampuan menemukan pokok- pokok isi bahan simakan menemukan amanat/pesan membuat kesimpulan dan membuat tanggapan. Dalam berbicara peningkatan ditekankan pada aspek kemampuan siswa berbicara dengan memerhatikan ketepatan isi kelancaran percaya diri dan penggunaan bahasa Indonesia yang baku. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 18 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas VIID. Jenis data yang dikumpulkan adalah nilai hasil menyimak dan berbicara siswa yang didukung oleh data catatan lapangan serta data hasil refleksi peneliti bersama guru. Berdasarkan tindakan yang telah dilaksanakan pada siklus I dan II dapat dideskripsikan proses penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran menyimak- wicara yaitu diawali dengan pembentukan kelompok yang heterogen i pemberian bacaan pelaksanaan diskusi sesi I pelaksanaan diskusi sesi II pemberian tes individu dan pelaksanaan refleksi. Pada siklus I keterampilan menyimak siswa mengalami peningkatan walaupun masih ada siswa yang nilainya di bawah SKM. Untuk kemampuan menemukan pokok-pokok isi berita ada 14% siswa nilainya di bawah SKM dan 86% siswa di atas SKM. Untuk kemampuan membuat kesimpulan ada 66% siswa yang nilainya di bawah SKM dan ada 43% yang di atas SKM. Untuk kemampuan membuat tanggapan 100% nilai siswa di atas SKM. Untuk kemampuan menemukan amanat/pesan ada 94% siswa yang nilainya di bawah SKM dan 3% di atas SKM. Pada siklus II kemampuan siswa menemukan pokok-pokok isi bacaan meningkat ada 9% siswa yang nilainya di bawah SKM dan ada 91% siswa yang di atas SKM. Untuk kemampuan membuat kesimpulan dan tanggapan 100% siswa sudah di atas SKM. Untuk kemampuan membuat amanat/pesan ada 3% siswa yang nilainya di bawah SKM dan ada 97% yang di atas SKM. Untuk keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Pada siklus I hasil yang diperoleh untuk keterampilan berbicara adalah 100% siswa memperoleh nilai di atas SKM untuk kemampuan berbicara dengan memperhatikan ketepatan isi 97% berbicara dengan lancar 97% siswa berbicara dengan percaya diri dan 71% berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Pada siklus II yaitu pada kemampuan siswa berbicara dengan memperhatikan ketepatan isi kemampuan siswa berbicara dengan lancar dan kemampuan siswa berbicara dengan percaya diri 100% siswa memperoleh nilai di atas SKM. Pada kemampuan siswa berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku 91% memperoleh nilai di atas SKM berarti masih ada 9% siswa yang memperoleh nilai di bawah SKM. Simpualan yang diperoleh dalam penelitian ini di antaranya adalah keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas VIID SMP Negeri 18 Malang bisa ditingkatkan dengan penerapan metode jigsaw sehingga jumlah siswa yang memperoleh nilai di bawah SKM bisa berkurang. Mengingat manfaat yang dapat diperoleh siswa maka disarankan bagi guru untuk bisa menerapkan metode jigsaw untuk meningkatkan keterampilan menyimak-wicara bagi siswa dengan permasalahan yang sama berusaha meningkatkan kompetensi siswa dalam menyimak-wicara memotivasi siswa dan meningkatkan minat siswa pada menyimak-wicara mengembangkan media dan metode pembelajaran menyimak- wicara. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan untuk meneliti tentang peningkatan menyimak-wicara dengan metode jigsaw dengan subjek dan tempat penelitian lain dan meneliti tentang peningkatan menyimak-wicara dengan metode pembelajaran yang lain. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139681

Actions (login required)

View Item View Item