Studi tentang manajemen pengelolaan suporter sepakbola L.A. Mania Lamongan periode 2008-2011 / Wahyu Iskandar - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang manajemen pengelolaan suporter sepakbola L.A. Mania Lamongan periode 2008-2011 / Wahyu Iskandar

Iskandar, Wahyu (2009) Studi tentang manajemen pengelolaan suporter sepakbola L.A. Mania Lamongan periode 2008-2011 / Wahyu Iskandar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jawa Timur merupakan salah satu kiblat persepakbolaan di Indonesia banyak club terlahir di sini. Dengan kondisi tersebut secara tidak langsung menarik perhatian masyarakat tempat club-club tersebut berasal/bermarkas untuk selalu hadir di stadion masyarakat hadir untuk menonton pertandingan atau hanya untuk memberikan dorongan semangat pada club kesayangannya. Melihat dari besarnya animo masyarakat untuk menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion sehingga terjadi fenomena dari penonton sepakbola yaitu munculnya kelompok-kelompok suporter. Meskipun keberadaan suporter tidak dapat dipisahkan dari club yang dibela tetapi tidak jarang suporter juga bisa merugikan bagi suatu club karena kebrutalan dan tindakan negatif yang dilakukan. Lamongan merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang merupakan club Persela berasal dengan adanya club Persela tersebut sehingga muncul pula kelompok suporter dari Lamongan yang bernama LA Mania (Lamongan Asli mania). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melibatkan instrumen tunggal yang diteliti yaitu pengurus suporter sepakbola LA Mania Lamongan yang bertujuan untuk menggambarkan tentang bagaimana manajemen pengelolaan suporter LA Mania Lamongan. Data tentang manajemen pengelolaan suporter LA Mania Lamongan meliputi beberapa variabel yaitu perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing) penyusunan staf (staffing) pelaksanaan (actuating) motivasi (motivating) pengawasan (controlling) anggaran (budgeting). Data tersebut di sajikan dalam bentuk angket yang disebar ke semua pengurus suporter Sepakbola LA Mania Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh hasil persentase aspek perencanaan sebesar 88 75% yang berarti baik aspek pengorganisasian sebesar 78 84% yang berarti baik aspek penyusunan staf sebesar 73 33% yang berarti cukup baik aspek pelaksaanaan sebesar 97 75%yang berarti baik aspek motivasi sebesar 60 63% yang berarti cukup baik aspek pengawasan sebesar 93 33% yang berarti baik dan aspek anggaran sebesar 86 25% yang berarti baik. Dari keseluruhan aspek tersebut sehingga di dapatkan rata-rata sebesar 82 67 % dengan demikian secara keseluruhan manajemen pengelolaan suporter sepakbola LA Mania Lamongan adalah baik. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah lebih membenahi pada penyusunan staf aspek pelaksanaan dan aspek motivasi agar menjadi baik. Seperti pemberian gaji pengurus dan penghargaan kepada pengurus agar nantinya kinerja manajemen akan berjalan lancar dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139666

Actions (login required)

View Item View Item