Pembelajaran remidial teknik dasar passing bawah bolavoli untuk siswa kelas VII di MTs Khairuddin Gondanglegi / Rofiqut Thoriq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran remidial teknik dasar passing bawah bolavoli untuk siswa kelas VII di MTs Khairuddin Gondanglegi / Rofiqut Thoriq

Thoriq, Rofiqut (2009) Pembelajaran remidial teknik dasar passing bawah bolavoli untuk siswa kelas VII di MTs Khairuddin Gondanglegi / Rofiqut Thoriq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada pendidikan formal baik SD SMP/MTs SMA/MA. Bolavoli merupakan salah satu olahraga yang ada pada kurikulum sekarang yaitu kurikulum KTSP. Oleh karena itu permainan bolavoli diberikan pada sekolah-sekolah. Selain untuk bahan pengajaran bolavoli juga diberikan di ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil observasi awal di MTs Khairuddin pada pembelajaran pendidikan jasmani materi pokok bolavoli kelas VII tampak bahwa khususnya siswa putri masih sulit mempelajari teknik dasar passing bawah yang diberikan oleh guru pendidikan jasmani. Dalam pembelajaran passing bawah bolavoli juga terdapat kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh siswa yaitu sulit dalam perkenaan bola dan mengarahkan bola secara lurus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran remidial teknik dasar passing bawah bolavoli untuk siswa kelas VII MTs Khairuddin Gondanglegi.Tujuan penelitian ini adalah memberikan pembelajaran remidial teknik dasar passing bawah bolavoli untuk siswa kelas VII MTs Khairuddin Gondanglegi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang melalui beberapa siklus. Subyek penelitian adalah peneliti sendiri sebagai guru pendidikan jasmani siswa kelas VII MTs Jumlah siswa yang ada di kelas tersebut sebanyak 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) dalam siklus 1 (pertemuan pertama) masih ada siswa yang melakukan kesalahan mendasar seperti siku sering ditekuk tidak ada ayunan lengan akurasi bola kurang tepat sebanyak 20 siswa. (2) dalam siklus I (pertemuan kedua) menunjukkan siswa yang melakukan kesalahan mendasar saat melakukan passing bawah berkurang menjadi 10 siswa. (3) dalam siklus I (pertemuan ketiga) menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa sudah bisa melakukan passing bawah dengan baik dan benar. Hasil ini didapatkan karena alat yang digunakan adalah bola mainan yang berupa bola plastik yang dilapisi gabus dan bola standar. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah (1) Dengan diberikan permainan sebelum materi inti siswa merasa senang. (2) Pembelajaran remidial passing bawah dengan menggunakan bola mainan dapat membangkitkan rasa percaya diri pada siswa saat melakukan passing bawah. (3) Sistematika dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (a) pendahuluan dengan stretching aktif permainan lempar tangkap bola memindahkan bola dan bintang beralih. (b) inti pembelajaran yang terdiri dari latihan passing tanpa bola latihan passing dengan bola mainan dan latihan passing dengan bola standar. (c) penutup dengan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139637

Actions (login required)

View Item View Item