Pembelajaran remidial teknik dasar passing atas bolavoli untuk siswa putri kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 8 Malang / Iin Indrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran remidial teknik dasar passing atas bolavoli untuk siswa putri kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 8 Malang / Iin Indrian

Indrian, Iin (2009) Pembelajaran remidial teknik dasar passing atas bolavoli untuk siswa putri kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 8 Malang / Iin Indrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada pendidikan formal yang termasuk dalam kurikulum 2004. Bolavoli merupakan salah satu olah raga permainan yang ada pada kurikulum 2004. Oleh karena itu permainan bolavoli harus diberikan pada sekolah-sekolah. Selain untuk bahan pengajaran bolavoli juga diberikan di luar jam efektif (ekstrakurikuler). Dari pengamatan selama melakukan PPL dan dari hasil observasi yang dilakukan guru pamong ternyata teknik yang diberikan guru pendidikan jasmani masih sulit dipelajari oleh siswa SMA Negeri 8 Malang khususnya siswa putri kelas XI IPA 4. Akibatnya siswa putri kelas XI IPA 4 SMA Negeri 8 Malang kurang terampil dalam melakukan passing atas bolavoli sehingga siswa putri tersebut mendapat remidi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran remidial teknik dasar passing atas bolavoli sehingga siswa bisa terampil dalam melakukan passing atas bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah memberikan perbaikan pembelajaran teknik dasar passing atas bolavoli untuk siswa putri kelas XI IPA 4 SMA Negeri 8 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melalui beberapa siklus. Subyek penelitian adalah peneliti sendiri sebagai guru pendidikan jasmani dan siswa putri kelas XI IPA 4 SMA Negeri 8 Malang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) dalam siklus 1 masih ada siswa yang melakukan kesalahan mendasar seperti jari-jari terlalu rapat atau lebar dan cenderung lemas perkenaan bola pada ujung jari sebanyak 15 siswa (2) dalam siklus II ini menunjukkan siswa yang melakukan kesalahan mendasar saat melakukan passing atas berkurang menjadi 9 siswa. (3) dalam siklus III menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa sudah bisa melakukan passing atas dengan baik. Hasil ini didapatkan karena alat yang digunakan adalah bola mainan yang berupa bola karet. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah (1) Dengan diberikan permainan sebelum materi inti siswa merasa senang (2) Pembelajaran passing atas dengan menggunakan bola mainan dapat membangkitkan rasa percaya siswa pada saat melakukan passing atas (3) Sistematika pembelajaran terdiri dari (a) pendahuluan dengan stretching aktif dan berbagai permainan (b) inti pembelajaran yang terdiri dari latihan passing atas (c) penutup dengan melakukan stretching secara berpasangan. Saran yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani lebih kreatif dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa senang semangat dan percaya diri. Dengan demikian proses pembelajaran bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139635

Actions (login required)

View Item View Item