Studi tentang proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember / Imam Safi'i - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember / Imam Safi'i

Safi'i, Imam (2009) Studi tentang proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember / Imam Safi'i. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam intensifikasi penyelenggaraan pendidikan proses pembelajaran pendidikan jasmani diutamakan sebagai suatu proses dalam pembinaan manusia. Peran pendidikan jasmani sangatlah dominan untuk mewujudkannya. Karena pendidikan jasmani bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan kebugaran jasmani keterampilan berfikir kritis stabilitas emosional keterampilan sosial penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga. Untuk mewujudkan tujuan tersebut keefektivan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di lapangan sangat berpengaruh. Dari hasil pengamatan sementara yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani SD Negeri di kecamatan Ambulu masih tampak kurang evektif dan tidak adanya data tentang proses pelaksanaan pendidikan jasmani di Diknas kecamatan Ambulu membuat peneliti ingin mengetahui dan mengkaji proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di kecamatan Ambulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Jumlah subyek dalam penelitian ini berjumlah 11 orang guru pendidikan jasmani SD Negeri di kecamatan Ambulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani SD Negeri di kecamatan Ambulu pada tahap awal pelajaran adalah 72 73% kategori cukup pada tahap inti pelajaran adalah 69 55% kategori cukup dan 42 86% kategori kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani yang dilaksanakan oleh guru SD Negeri di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata hasil persentase 61 71%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139608

Actions (login required)

View Item View Item