Studi tentang aspek evaluasi yang digunakan oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang semester genap 2007/2008 / Herianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang aspek evaluasi yang digunakan oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang semester genap 2007/2008 / Herianto

Herianto (2009) Studi tentang aspek evaluasi yang digunakan oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang semester genap 2007/2008 / Herianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kriteria penilaian pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mencakup aspek psikomotor afektif kognitif dan fisik. Dalam melakukan evaluasi bobot dan persentase yang diberikan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbeda-beda dalam menentukan aspek penilaian. Bobot yang diberikan pada masing-masing aspek oleh setiap guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bervariasi Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah aspek apa saja yang di evaluasi oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se kecamatan Klojen Kota Malang semester genap 2007/2008 Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aspek yang di evaluasi oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang semester genap 2007/2008. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dimaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada yaitu keadaan atau gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu tetapi menggambarkan atau melukiskan apa yang ada tentang suatu variabel gejala atau keadaan. Subyek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari 15 responden yang mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek list. Hasil penelitian tentang aspek evaluasi materi pelajaran yang diperoleh dari15 responden yang mengajar materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan semua responden mengevaluasi aspek psikomotor aspek afektif aspek kognitif dan aspek fisik. Dari semua aspek yang dievaluasi didapatkan aspek psikomotor materi yang dievaluasi sebesar 80 83% dari materi keseluruhan aspek afektif 75 83% aspek kognitif 66 67% dan aspek fisik 100%..Sedangkan untuk aspek evaluasi sub materi pelajaran adalah aspek psikomotor baru dilakukan adalah 68 22% aspek afektif 49 54% aspek kognitif 43 10% dan aspek fisik 52 16% dari 15 responden yang mengajar di kelas VII kelas VIII dan kelas IX. Kesimpulan penelitian ini adalah dari 15 responden yang mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk aspek psikomotor materi yang dievaluasi sebesar 80 83% dari materi keseluruhan aspek afektif 75 83% aspek kognitif 66 67% dan aspek fisik 100%. Saran bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan harus memperhatikan semua aspek dalam melakukan evaluasi. Tetapi dalam pemberian persentase penilaian harus berbeda karena dalam mata pelajaran pendidikan jasmani aspek psikomotor yang lebih diutamakan. Berdasarkan hasil penelitian maka aspek kognitif perlu ditambah sebab di samping keterampilan pengetahuan juga perlu ditingkatkan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Pada aspek afektif juga perlu ditingkatkan karena hal ini melatih kepribadian dan sikap siswa sehingga siswa dapat bermasyarakat dengan baik dan mematuhi peraturan yang ada dalam masyarakat tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139591

Actions (login required)

View Item View Item