Perancangan media promosi rumah sakit Wava Husada Kepanjen / Erwan Astadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media promosi rumah sakit Wava Husada Kepanjen / Erwan Astadi

Astadi, Erwan (2010) Perancangan media promosi rumah sakit Wava Husada Kepanjen / Erwan Astadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rumah Sakit WAVA HUSADA Kepanjen adalah bagian dari pembangunan di bidang kesehatan yang didirikan oleh pihak swasta yaitu PT . ABNASAMANHUDISAUTIKA HUSADA. Rumah Sakit tersebut diharapkan mampu berperan aktif dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan yang baik dan fasilitas yang memadai menjadi suatu tuntutan bagi sebuah rumah sakit untuk peningkatan mutu dan citra rumah sakit tersebut. Dalam peningkatan mutu dan citra positif terhadap masyarakat pihak rumah sakit kurang memaksimalkan media-media komunikasi periklanan sebagai media media informasi kepada masyarakat sehingga informasi yang tersebar dimasyarakat sangatlah minim. Hal tersebut berdampak kepada masyarakat yang akan menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh Rumah Sakit WAVA HUSADA. Perencanaan media komunikasi visual adalah salah satu solusi yang dapat digunakan dalam melaksanakan kegiata publikasi. Akan tetapiu setiap media dalam kondisi tertentu memiliki peranan dan fungsi yang berbeda maka perlu perencanaan baik secara konseptual maupun visual setiap perancangan media. Pokok permasalahan dalam perancangan ini adalah jenis media komunikasi visual apakah yang sesuai kebutuhan klien dan target audience berkenaan dengan promosi Rumah Sakit WAVA HUSADA Kepanjen sebagai rumah sakit swasta yang memiliki kwalitas Nasional dan bagaimanakah konsep desain komunikasi visualnya. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang bersifat deskriptif terhadap RS Wava Husada. Metode pengumpulan data dilakukan melalui (1) wawancara (2) observasi (3) kuisioner dan (4) dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu data-data dari hasil wawancara observasi dan hasil penyebaran kuisioner akan dianalisa secara deskriptif yang kemudian ditarik kesimpulan. Adapun fokus penelitian ini yaitu (1) konsep perancangan desain komunikasi visual (2) proses perancangan (3) visualisasi perancangan media komunikasi visual. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan analisis yang terkumpul penulis mempertimbangkan menentukan dan mengkonsep media komunikasi visual Above The Line Media dan Below The Line Media yang dapat digunakan sebagai media penyebaran informasi kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunkan fasilitas Rumah Sakit WAVA HUSADA Kepanjen sebagai control pencegahan dan penyembuhan untuk kesehatan masyarakat merupakan suatu solusi yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13959

Actions (login required)

View Item View Item