Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyimak dan berbicara kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Andi Widad Zein - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyimak dan berbicara kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Andi Widad Zein

Zein, Andi Widad (2010) Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyimak dan berbicara kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Andi Widad Zein. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pendidikan nasional bangsa Indonesia selama enam puluh tahun ini masih mengalami berbagai masalah. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan nasional. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan nasional melalui Depdiknas. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pemerintah adalah penyempurnaan kurikulum. Penyempurnaan kurikulum yang tidak disertai dengan praktik pembelajaran yang sesuai mengakibatkan pembelajaran tidak dapat tercapai secara optimal. Pemerintah telah mengambil kebijaksanaan untuk memperbaiki mutu pembelajaran dengan sosialisasi pendekatan kontekstual dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah-sekolah. Dengan penerapan pendekatan kontekstual dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah-sekolah diharapkan membuat pembelajaran lebih berarti dan bermakna bagi siswa. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat aspek pembelajaran yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Menyimak dan berbicara merupakan aspek yang paling banyak digunakan dalam kenyataan hidup sehari-hari. Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyimak dan berbicara perlu dilakukan agar siswa/peserta didik mampu membuat hubungan keterkaitan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata sehari-hari siswa/peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini memfokuskan tentang bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dalam perencanaan pembelajaran (pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pelaksanaan pembelajaran evaluasi pembelajaran dan kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyimak dan berbicara di SMP Negeri 1 Malang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Selain untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyimak dan berbicara penelitian ini juga megkaji kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran menyimak dan berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuan penelitian deskriptif ini adalah melukiskan variabel/kondisi apa yang ada dalam suatu situasi. Penelitian ini merupakan studi kasus karena dilakukan secara intensif dan terinci terhadap suatu organisasi atau lembaga Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menerapkan aspek constructivism dan inquiry (menyimak dan mengamati berita) learning community (diskusi kelompok) modeling (meghadirkan model dalam pembelajaran) authentic assessment (penilaian proses pembelajaran). Aspek questioning dan reflection tidak dilaksanakan secara optimal oleh guru. Evaluasi pembelajaran menerapkan pendekatan kontekstual dengan melakukan authentic assessment dalam setiap pembelajaran. Dalam penerapan pembelajaran sudah terdapat kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kesesuaian ini ditandai dengan pelaksanaan pembelajaran yang mengacu pada rencana yang telah dibuat dan dikembangkan oleh guru. Dari penelitian ini saran yang disampaikan peneliti adalah penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyimak dan berbicara terus dikembangkan lebih baik dan variatif agar pembelajaran terasa menyenangkan dan lebih bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139550

Actions (login required)

View Item View Item