Perancangan media komunikasi visual pelayanan rumah sakit dr. Iskak sebagai promosi kepada masyarakat Tulungagung / Catur Yuli Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media komunikasi visual pelayanan rumah sakit dr. Iskak sebagai promosi kepada masyarakat Tulungagung / Catur Yuli Kurniawan

Kurniawan, Catur Yuli (2010) Perancangan media komunikasi visual pelayanan rumah sakit dr. Iskak sebagai promosi kepada masyarakat Tulungagung / Catur Yuli Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Catur Yuli. 2009. Perancangan Media Komunikasi Visual Pelayanan Rumah Sakit dr. Iskak Sebagai Informasi Kepada Masyarakat Tulungagung. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triyono M.Sn (II) Moh. Abdul Rahman S.Sn M.Sn Kata Kunci perancangan media komunikasi visual rumah sakit Media komunikasi visual merupakan media yang tepat dan efektif dalam menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat penggunaan dan perancangan media komunikasi yang tepat sangat menentukan keberhasilan sebuah perusahaan dalam menyampaikan sebuah informasi atau pesan kepada target audien. Dalam perkembangannya tahun 2006 sampai sekarang Rumah sakit dr. Iskak telah mengalami perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat hal itu dapat dilihat dari perbaikan bangunan serta lengkapnya fasilitas sarana dan prasarana yang menunjang guna mempersembahkan yang terbaik dalam pelayanan kesehatan tapi karena kurangnya kegiatan promosi informasi tentang perkembangan Rumah sakit dr. Iskak kurang diketahui oleh masyarakat ditambah dengan bermunculannya Rumah sakit swasta yang lebih menawarkan pelayanan yang lebih baik membuat Rumah sakit dr. Iskak kurang menjadi prioritas utama bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Berdasarkan latar belakang diatas diperlukan perancangan media promosi yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pelayanan Rumah sakit dr. Iskak. Media yang dianggap tepat dalam menyampaikan informasi tentang pelayanan Rumah sakit dr. Iskak adalah ATL(ebove the line media) dan BTL(bellow the line media). Pertimbangan dari pemilihan media tersebut adalah disesuaikan dengan karakter masyarakat Tulungagung yang tergolong masih Daerah dapat dengan mudah menerima informasi yang disampaikan. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui (1) wawancara (2) observasi. Teknis analisis yang digunakan adalah SWOT (Strenght Weaknes Opportunity Treat) dengan membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi yang kemudian ditarik kesimpulan. Adapun focus perancangan ini yaitu (1) konsep perancangan media komunikasi visual Rumah Sakit dr. Iskak(2) proses perancangan (3) bentuk perancangan. Hasil dari perancangan ini adalah berupa BIllbord iklan surat kabar bando jalan stationary set Id card brosur papan penunjuk arah dan kelender. Diharapkan dengan pemilihan media yang tepat akan memberikan informasi tentang pelayanan Rumah sakit dr. Iskak serta dapat lebih meningkatkan dan mempertahankan citra yang baik tentang Rumah sakit dr Iskak di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item