Perancangan komik sebagai media promosi operator seluler XL versi jangkauan nusantara / Dandung Prasojo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan komik sebagai media promosi operator seluler XL versi jangkauan nusantara / Dandung Prasojo

Prasojo, Dandung (2009) Perancangan komik sebagai media promosi operator seluler XL versi jangkauan nusantara / Dandung Prasojo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

XL adalah salah satu produk operator seluler di Indonesia yang telah lama berada di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai keunggulan-keunggulan layanannya. Belum pernah dijumpai media yang dikeluarkan oleh XL dalam bentuk komik. Rumusan masalah yang dapat diambil yaitu bagaimana merancang sebuah komik sebagai media promosi yang efektif untuk operator seluler XL produk dari PT. Excelcomindo Pratama. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan komik yang fungsinya adalah sebagai media promosi untuk operator seluler XL. Adapun manfaat dari perancangan ini secara keseluruhan adalah membantu mempromosikan produk operator seluler XL kepada masyarakat dalam bentuk media yang inovatif. Komik yang dirancang mengangkat tema seputar layanan komunikasi tanpa kabel yang mudah murah cepat dan menjangkau seluruh nusantara dari XL sebagai operator seluler. Jangkauan Nusantara diangkat menjadi judul dengan konsep menjelajah nusantara dengan hanya menggunakan satu kartu XL. Penelitian mengambil metode wawancara ke beberapa nara sumber menyebarkan kuesioner pada responden mencari beberapa data pendukung seperti literatur dari buku internet dan mengambil gambar obyek langsung. Secara keseluruhan datadata tersebut sangat mendukung dalam perancangan komik versi Jangkauan Nusantara ini. Selanjutnya menganalisa beberapa kelebihan dan kekurangan dari media komik dan merumuskannya dalam suatu pemecahan masalah. Proses perancangan komik Jangkauan Nusantara ini melalui beberapa tahap yang terstruktur dan jelas arah kerjanya. Mulai dari ide cerita penokohan alur cerita naskah cerita instrumen-instrumen yang mendukung dan membagi cerita dalam beberapa bagian untuk ditempatkan pada panel komik sehingga terbentuk rangkaian cerita yang runtut dan jelas. Tahap produksi dimulai dari sketsa penintaan pewarnaan dan komputerisasi. Kemudian mengatur tata lay out untuk dibukukan hingga masuk tahap pasca produksi yaitu promosi. Promosi dilakukan dengan menjalankan 2 strategi yaitu strategi media yang mencakup pemilihan media utama dan media pendukung serta strategi program untuk merencanakan segala sesuatu mengenai kapan di mana dan bagaimana media komik sebagai media promosi operator seluler XL versi Jangkauan Nusantara ini dapat sampai pada tangan konsumen yang dituju. Berdasarkan hasil perancangan ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai aspek behaviouristis dari masyarakat sesuai dengan segmentasinya dan menemukan strategi yang lebih kompleks. Bentuk pengemasan media yang masih perlu diadakan penelitian terus menerus mengikuti perkembangan jaman dan trend pada kehidupan masyarakat masa kini dan yang akan datang. Dalam perancangan sebuah media untuk kepentingan promosi perlu diperhatikan kondisi dan selera masyarakat pada saat itu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item