Kinerja pelatih pada kegiatan ekstrakurikuler bola basket di SMA se-kecamatan Ponorogo / Mohammad Feri Hardyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja pelatih pada kegiatan ekstrakurikuler bola basket di SMA se-kecamatan Ponorogo / Mohammad Feri Hardyanto

Hardyanto, Mohammad Feri (2009) Kinerja pelatih pada kegiatan ekstrakurikuler bola basket di SMA se-kecamatan Ponorogo / Mohammad Feri Hardyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah merupakan salah satu lembaga yang dapat menciptakan seorang pemain bolabasket yang profesional. Oleh sebab itu usaha sekolah dalam pembinaan bakat siswa-siswi pada cabang olahraga bolabasket sangat diperlukan. Salah satu usaha yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan pembinaan olahraga bolabasket adalah diadakannya kegiatan ekstrakurikuler bolabasket. Dari pengamatan awal di SMA Negeri dan Swasta Se-Kecamatan Ponorogo peneliti melihat banyak siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dalam melakukan gerakan teknik dasar bolabasket masih kurang baik sehingga tidak bisa mencapai prestasi yang maksimal. Hal itu ditunjukkan dalam latihan banyak siswa-siswi melakukan passing banyak yang tidak tepat sasaran tidak bisa melakukan lay up dengan benar dan drible masih kaku hal itu kemungkinan disebabkan oleh kurang maksimalnya kinerja pelatih dalam kegiatan ekstrakurikuler bolabasket. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pelatih pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Se-Kecamatan Ponorogo yang berkaitan dengann aspek sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) evaluasi (4) kinerja pelatih secara keseluruhan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2008. Subyek penelitian ini adalah seluruh pelatih ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri dan Swasta Se-Kecamatan Ponorogo yaitu pelatih SMA Negeri 2 Ponorogo Pelatih SMA Negeri 3 Ponorogo Pelatih SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Pelatih SMA Bakti Ponorogo Pelatih SMA Merdeka Ponorogo. Data diperoleh dari lembar observasi dan angket lembar observasi yang diisi oleh observer dan angket yang diisi oleh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pelatih pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Se-Kecamatan Ponorogo termasuk dalam klasifikasi kurang baik yang dijelaskan sebagai berikut merencanakan latihan rata-rata 27 50% yang berarti tidak baik pelaksanaan latihan menurut observer rata-rata 56 67% termasuk dalam klasifikasi cukup baik dan menurut siswa 58 90% juga termasuk klasifikasi cukup baik mengevaluasi latihan menurut observer rata-rata 54 16% termasuk dalam kategori kurang baik dan menurut siswa 55 74% termasuk juga dalam klasifikasi kurang baik dengan rata-rata persentase (tahap perencanaan pelaksanaan evaluasi) menurut observer sebesar 46 11% termasuk kurang baik dan menurut siswa 57 32% termasuk cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disarankan untuk memperoleh hasil yang lebih baik diharapkan para pelatih lebih banyak membaca dan mengikuti penataran pelatih untuk meningkatkan kinerjanya dalam melatih kegiatan ekstrakurikuler bolabasket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139487

Actions (login required)

View Item View Item