Perancangan media promosi untuk mempromosikan secara komunikasi visual seni topeng Malang / Anita Kusumaningati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media promosi untuk mempromosikan secara komunikasi visual seni topeng Malang / Anita Kusumaningati

Kusumaningati, Anita (2010) Perancangan media promosi untuk mempromosikan secara komunikasi visual seni topeng Malang / Anita Kusumaningati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaningati Anita. 2009. Perancangan Media Promosi Untuk Mempromosikan Secara Komunikasi Visual Seni Topeng Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Robby Hidayat M.Sn (II) Pranti Sayekti S.Sn M.Si. Kata Kunci Perancangan Media Promosi Seni Topeng Malang Sejak jaman prasejarah seni telah dikenal dalam bentuk tari-tarian bentuk beberapa macam upacara dan tari-tarian perang. Berkaitan dengan adanya seni yang telah dikenal sejak jaman prasejarah bila dihubungkan dengan bukti-bukti peninggalan sejarah saling berkaitan. Salah satu jenis kesenian adalah seni topeng keberadaan topeng sudah amat tua hal itu dapat ditemui di berbagai peninggalan bangunan-bangunan kuno dan bukti-bukti tertulis. Topeng sejak dulu dipergunakan untuk keperluan hidup yang bersifat magis religius sampai keperluan yang bersifat seni atau hiburan. Malang memiliki kesenian tradisional yaitu Topeng Malang. Topeng Malang yang di daerah asalnya lebih dikenal sebagai wayang topeng merupakan pertunjukan tari topeng yang menampilkan cerita atau sebuah drama tari dengan pelaku-pelaku yang bertopeng. Dulu pertunjukan Topeng Malang tersebar luas di berbagai wilayah kabupaten Malang seperti Dampit Precet Wajak Ngajum Jatiguwi Senggreng Pucangsanga Jabung dan Kedungmangga. Sejalan dengan perkembangan jaman dan teknologi Tari Topeng yang merupakan identitas dari Malang mulai ditinggalkan dan kehidupan Topeng Malang di daerah-daerah menurun karena beberapa sebab. Tujuan dari perancangan ini untuk menghasilkan rancangan komunikasi visual yang mampu mempromosikan seni Topeng Malang dengan menampilkan karekteristik dan ciri khas seni Topeng Malang. Perancangan ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan ini adalah observasi interview atau wawancara dan dokumentasi. Metode pengmpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis perancangan media promosi seni Topeng Malang ini meliputi strategi promosi dan publikasi dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui segala kekuatan dan segala kemungkinan sebagai dasar dalam pengembangan konsep media kreatif dalam perancangan ini. Saran untuk lebih meningkatkan promosi Topeng Malang yaitu (1) Perlunya perbaikan sarana dan prasarana serta media komunikasi visual untuk menarik target audience lebih banyak (2) Perancangan media promosi sangat perlu diciptakan selain membantu memperkenalkan potensi seni Topeng Malang dan juga diharapkan mampu mengangkat citra Topeng Malang sebagai salah satu seni tradisional (3) Diperlukan kerjasama antara pemerintah daerah dengan instansi-instansi yang terkait dengan bersama sanggar tari-sanggar tari dan masyarakat untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap seni tari tradisional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13944

Actions (login required)

View Item View Item