Perancangan kemasan "gula super" dalam rangka rebranding produk unggulan pabrik gula Djatiroto / Alfiya Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan kemasan "gula super" dalam rangka rebranding produk unggulan pabrik gula Djatiroto / Alfiya Dwi Lestari

Lestari, Alfiya Dwi (2009) Perancangan kemasan "gula super" dalam rangka rebranding produk unggulan pabrik gula Djatiroto / Alfiya Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pabrik Gula Djatiroto merupakan salah satu perusahaan gula pasir didirikan pada tahun 1905 oleh Pemerintah Belanda. Sebagai pabrik ula yang terbesar di Pulau Jawa Pabrik Gula Djatiroto mampu mensuplai kebutuhan gula pasir hampir ke seluruh Indonesia dan gula yang dihasilkan berupa gula yang berkualitas baik. Dengan jangkauan pemasaran yang cukup luas Pabrik Gula Djatiroto memiliki beberapa kelemahan yaitu belum memiliki merek produk yang konsisten akibatnya konsumen kurang mengenal keberadaan produk. Selain itu produk dikemas dengan kemasan yang cukup sederhana sehingga citra yang ditimbulkan produk kurang berkelas dan masih terkesan komoditas. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diadakan pemerekan ulang (rebranding) melalui serangkaian kegiatan perancangan media komunikasi visual untuk mencapai target sasaran yang lebih spesifik yang pada akhirnya bertujuan untuk mencapai citra positif bagi produk dan perusahaan. Perancangan ini bertujuan membangun dan mengkomunikasikan citra Pabrik Gula Djatiroto dan produknya secara baik dan efisien. Perancangan yang terbentuk erupa kemasan dan media promosi gula super produksi Pabrik Gula Djatiroto. Perancangan menggunakan metode perancangan glass box yang mana peneliti harus melakukan serangkaian kegiatan pra perancangan identifikasi masalah yang meliputi pengumpulan data perusahaan dan data target konsumen analisa dan sintesa serta pengumpulan data agasan (konsep) desain proses kreatif dan desain. Berdasarkan data yang terkumpul baik melalui obeservasi wawancara dan penyebaran angket diketahui bahwa gula super memerlukan perbaikan citra merek (rebranding). Kegiatan rebranding yang paling relevan dan sesuai dengan potensi perusahaan adalah rebranding melalui kegiatan perancangan merek dan kemasan baru. Kemasan yang dihasilkan ntara lain kemasan 50 kilogram kemasan plastik 1 kilogram kemasan plastik kilogram kemasan plastik kilogram kemasan kardus kemasan toples trial pack kemasan tuang kemasan granule (sachet) kemasan hadiah. Untuk menunjang kelangsungan merek baru tersebut diperlukan perancangan lebih lanjut yaitu perancangan media promosi dan media komunikasi visual antara lain logo maskot stationary perlengkapan kantor sarana transportasi rak promosi ( point of purchase) flag chain umbul-umbul standing banner billboard spanduk merchandise launching. Konsep tema kemasan adalah visualisasi kemasan yang dapat mencerminkan citra produk premium alami dan pencerminan kasih bagi sesama. Berdasarkan hasil perancangan ini saran penulis perlu adanya uji coba keefektifan hasil perancangan ini menurut target market realistik dengan skala yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item