Studi tentang karakter desain cover majalah girls edisi 14-26 tahun 2008 / Harfrida Vindy Agustie - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang karakter desain cover majalah girls edisi 14-26 tahun 2008 / Harfrida Vindy Agustie

Agustie, Harfrida Vindy (2009) Studi tentang karakter desain cover majalah girls edisi 14-26 tahun 2008 / Harfrida Vindy Agustie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakter merupakan sifat atau watak yang dimiliki dan menjadi ciri khas atas sesuatu. Proses penentuan karakter diperoleh melalui proses studi dari berbagai aspek. Pemilihan majalah sebagai obyek penelitian karakter karena keuntungan majalah adalah selektifitas tinggi secara geografis dan demografis sehingga pembaca dapat memperoleh suatu informasi yang tepat sasaran. Cover majalah merupakan penggambaran display isi yang disajikan didalamnya maka cover depan merupakan penggambaran isi majalah keseluruhan Majalah Girls terbitan Gramedia Group Majalah mengusung segmen anak perempuan usia sekolah dasar (8-12 tahun) dengan motto cerdas dan cantik yang isi beritanya merupakan media edukasi anak yang menghibur dan menyentuh sisi psikologis dan sosialnya sehingga diharapkan dapat menjadikan anak perempuan yang cerdas dan cantik serta dapat menggali informasi dunia anak perempuan usia sekolah dasar (8-12 tahun). Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan mengarah pada penelitian analisis isi bersifat interpretatif dengan penjabaran secara deskriptif kualitatif. Dengan sumber data terkumpul maka peneliti akan mengunakan teknik pemaparan data yaitu mendeskripsikan cover majalah Girls edisi 14-26 ditinjau dari struktur desain yang menyusun tampilan cover tersebut. struktur desain terdiri dari huruf dan tipografi warna illustrasi foto komposisi layout dan gaya desain serta segmen anak usia (8-12) tahun. Majalah Girls merupakan majalah dengan karakter huruf yang dinamis dan mengesankan gerak dengan munculnya type huruf script dan san serif serta dekoratif pada headline dan sub headline menggunakan warna kontras pada tampilan desain dengan sifat panas dan dingin serta penggunaan warna tegas dan muda yang menimbulkan kesan ceria. Model cover anak perempuan sia 8-12 tahun dan munculnya tokoh idola dapat memunculkan nilai ketauladanan. Type layout majalah adalah tipe sircus yaitu dengan munculnya bentuk-bentuk beragam. Penggabungan unsur-unsur tersebut memiliki arah kepada gaya desain pop dengan penggunaan warna kontras penggunaan illustrasi kartun dan penggabungan bentuk-bentuk geometris dan elemen desain lainnya untuk tujuan komersial adalah ciri pop dengan nuansa ekspresionis dan romantisme khas anak perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13941

Actions (login required)

View Item View Item