Survei tingkat kesegaran jasmani wasit sepakbola Persatuan Sepakbola Seluruh Malang (Persema) / Suganda Laksana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei tingkat kesegaran jasmani wasit sepakbola Persatuan Sepakbola Seluruh Malang (Persema) / Suganda Laksana Putra

Putra, Suganda Laksana (2009) Survei tingkat kesegaran jasmani wasit sepakbola Persatuan Sepakbola Seluruh Malang (Persema) / Suganda Laksana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan sepakbola masa kini sangat populer dan digemari di seluruh dunia tetapi sekarang sepakbola tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas teknik dan permainan suatu tim sepakbola tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas wasit sebagai pemimpin pertandingan yang baik. Seorang wasit sepakbola harus mampu menguasai peraturan permainan dan memiliki keterampilan perwasitan yang baik dan mengerti penerapannya di lapangan. Selain itu wasit sepakbola juga harus memiliki kondisi fisik atau kesegaran jasmani yang baik pula sebagai syarat utama untuk dapat mencapai kesuksesan dalam memimpin pertandingan. Komponen kondisi fisik yang penting adalah kesegaran jasmani seorang wasit. Walaupun kesegaran jasmani bukan satu-satunya namun hal ini nampaknya kurang disadari dan cenderung diabaikan. Penelitian ini ingin mengungkap tingkat kesegaran jasmani wasit sepakbola Persema Malang agar dalam memimpin suatu pertandingan tidak ada kendala dan bisa berjalan dengan lancar sampai akhir pertandingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek 66 wasit dan mengambil 66 wasit sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini diambil dari wasit sepakbola Persema Malang yang aktif dalam kompetisi Persema sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tes lari multitahap yang dikonversi pada tabel prediksi VO2 maks. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan rata-rata kesegaran jasmani wasit sepakbola Persema dalam kondisi baik dengan rata-rata adalah 46 9 ml/kg/mnt. Oleh karena itu disarankan kepada komisi wasit Persema agar mengetahui kesegaran jasmani anak didiknya sebagai kelayakan menjadi seorang wasit sepakbola dan untuk meningkatkan VO2 maks para wasit sehingga dapat mencapai standar VO2 maks pemain sepakbola atau minimal mencapai standar VO2 maks untuk wasit sepakbola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139383

Actions (login required)

View Item View Item