Survei manajemen ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Sumenep / Bambang Priambudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei manajemen ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Sumenep / Bambang Priambudi

Priambudi, Bambang (2009) Survei manajemen ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Sumenep / Bambang Priambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priambudi Bambang. 2008. Survei Manajemen Ekstrakurikuler Bola Basket SMA dan MA Negeri di Kota Sumenep. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Saichudin M.Kes (II) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes. Kata kunci manajemen ekstrakurikuler bola basket Sekolah merupakan salah satu instansi yanh dapat menciptakan bibit pemain bola basket yang profesional. Pada anak usia sekolah perkembangan motorik sangat pesat dalam mengembangkan keterampilan dan bakat yang dimilikinya. Oleh karena itu usaha sekolah dalam pembinaan bakat dalam cabang olahraga bola basket adalah diadakannya ekstrakurikuler olahraga bola basket. Bersasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti bahwa pembinaan ekstrakurikuler bola basket di SMA dan MA di Kota Sumenep belum maksimal hal ini mungkin disebabkan kurangnya pendekatan manajemen yang dimilki oleh oleh SMA dan MA di Kota Sumenep dalam pembinaan ekstrakurikuler olahraga bola basket itu sendiri penelitian ini sebelumnya juga belum pernah diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen ekstrakurikuler bola basket SMA dan MA negeri di Kota Sumenep berkaitan dengan aspek sebagai berikut (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan (4) pengawasan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari 2008 Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus ekstrakurikuler bola basket diantaranya adalah wakakesiswaan pembina atau pelatih dan siswa yang menjadi ketua atau wakil pengurus ekstrakurikuler olahraga bola basket. Sebanyak tiga sekolah yang terdiri dari 2 SMA dan 1 MA negeri di Kota Sumenep. Jenis penelitian ini deskriptif eksploratif rancangan penelitian adalah survei instrumen yang di gunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler olahraga bola basket SMA Negeri dan MA Negeri di Kota Sumenep termasuk dalam kategori baik hal ini ditujukan dari jawaban responden melalui angket sebagai berikut wakakesiswaan pembina atau pelatih ekstrakurikuler dan siswa yang menjadi ketua atau wakil pengurus ekstrakurikuler bola basket yaitu 86% yang berarti baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disarankan untuk memperoleh hasil yang lebih baik diharapkan ada peneliti lain yang mengadakan pengamatan lebih lanjut dengan menambah fariabel dan indikator pertanyaan serta jumlah sampel penelitian dan dilakukan uji perbandingan dengan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139372

Actions (login required)

View Item View Item